Peran Guru Dalam Menangani Perilaku Bullying Pada Anak Di SD N Balirejo

Imam Jauhar Muchlish, Faras Indriani, Novmiasti Sela Mardefi, Tri Hernadi, Aprida Agung Priambada, Dheni Eka Candrawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk  mendeskripsikan peran guru dalam  menangani perilaku bullying pada siswa  kelas I-VI di SD Negeri Balirejo  Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan  menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek  dalam penelitian ini meliputi guru kelas,  guru pendamping, dan siswa SD N Balirejo.  Teknik pengumpulan data dalam penelitian  ini adalah reduksi data, penyajian data, dan  penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil  penelitian, peran guru kelas dalam  menangani bullying, yaitu ; (1) sebagai  mediator dan fasilitator yaitu dengan cara  penumbuhan hubungan yang positif,  mendorong tingkah laku sosial yang baik,  dan mengupayakan sumber belajar; (2)  sebagai pembimbing melalui pemberian  penjelasan dan tindakan saat terjadi  bullying’; (3) sebagai penasihat melalui  pemberian saran; (4) upaya penanganan  guru kelas terhadap perilaku bullying  dengan pemberian sanksi, memasang poster  dan pembiasaan yang positif.

Keywords


peran guru, bullying

Full Text:

PDF

References


Adiyono, A., Adiyono, A., Irvan, I., & Rusanti, R. (2022). Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 649. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1050

Aziz, M., & Syarifudin, S. (2020). Dasar-Dasar Pemberian Punishment. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 133–145. https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i02.220

Dewi, P. Y. A. (2020). Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 39. https://doi.org/10.55115/edukasi.v1i1.526

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Junindra, A., Fitri, H., Murni, I., Ilmu Pendidikan, F., & Negeri Padang, U. (2022). Peran Guru terhadap Perilaku Bullying di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11133–11138. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4204

Mahriza, R., Rahmah, M., & Santi, N. E. (2020). Stop Bullying: Analisis Kesadaran dan Tindakan Preventif Guru pada Anak Pra Sekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 891–899. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.739

Muzdalifah. (2020). BULLYING. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128.

Nur, M., Yasriuddin, Y., & Azijah, N. (2022). Identifikasi Perilaku Bullying Di Sekolah (Sebuah Upaya Preventif). Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 685. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1054

Nurussama, A. (2019). Peran Guru Kelas Dalam Menangani Perilaku Bullying Pada Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(8), 510–520.

Risha Desiana Suhendar. (2018). FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERILAKU BULLYING SISWA DI SMK TRIGUNA UTAMA CIPUTAT TANGERANG SELATAN Oleh: RISHA DESIANA SUHENDAR NIM :1113054100056. 149


Refbacks

  • There are currently no refbacks.