Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Perencanaan Sekolah Lanjutan Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 15 Yogyakarta

Amadea Diva Agatha, Yesi Nila ari, Wahyu Nanda Eka Saputra, Agus Ria Kumara, Nurbowo Budi Utomo

Abstract


Pendidikan menjadi salah satu upaya untuk membantu memperbaiki kualitas hidup seseorang. Dalam menempuh Pendidikan, peserta didik terkadang mengalami hambatan yang perlu diselesaikan. Salah satunya yaitu hambatan dalam menentukan sekolah lanjutan. Oleh karena itu perlu adanya peran guru BK dalam membantu peserta didik menentukan sekolah lanjutan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memberikan peserta pemahaman terkait pilihan sekolah lanjutan, sehingga peserta didik dapat menentukan pilihannya sesuai dengan keinginannya. Penelitian ini menggunakan metode kajian literasi atau literature review dengan mengkaji berbagai jurnal yang relevan dengan topik yang dibahas, kemudian disusun secara sistematis menjadi artikel. Dengan adanya guru BK di sekolah saat membantu memberikan layanan informasi karir, peserta didik diharapkan mampu menentukan pilihan studi lanjutnya dan mendapatkan arahan sesuai dengan keinginan serta potensinya.

Keywords


Layanan BK, Peran Guru BK, Sekolah Lanjutan

Full Text:

PDF

References


Creswell, J. (2015). Riset pendidikan: Perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi riset kualitatif & kuantitatif.

Delianus, Sapulete, J. J., & Paryadi. (2021). Minat Belajar Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Sepak Bola Smk Negeri Sendawar Kutai Barat. Borneo Physical Education Journal, universitas Mulawarman, 2(1), 1–8.

Fajarwati, L. (2018). Pelaksanaan Kegiatan Career Day dalam Bidang Bimbingan Karir untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Sekolah Lanjutan pada Siswa Kelas 9.4 SMP Negeri 19 Kota Bekasi Tahun Ajaran 2016/2017. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.21009/insight.071.09

Falah, A. (2015). Studi Analisis Aspek-Aspek Keberhasilan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 01 Karangmalang Gebog Kudus. Elementary, 3(1), 171–195.

Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan: Konsep, Teori, dan Aplikasinya (C. Wijaya & Amiruddin, Ed.; 1 ed.). Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Irmayanti, S. (2022). Optimalisasi Peran Guru Bk Dalam Bimbingan Karir Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 7 Probolinggo Tahun Ajaran 2020-2021. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 8(4), Article 4.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Pedoman Peminatan Peserta Didik. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kursi, A. M. (2016). Pengaruh layanan informasi peminatan terhadap kemantapan pilihan sekolah lanjutan. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 2(1), 49. https://doi.org/10.26858/jpkk.v2i1.2063

Masganti. (2012). Perkembangan Peserta Didik (1 ed.). Perdana Publishing.

Nurhayani, N., & Santosa, B. (2023). Faktor Yang Menentukan Pemilihan Sekolah Lanjutan Siswa. Educatum: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.56248/educatum.v2i1.56

Pratama, A. (2023). PERAN GURU BK DALAM MEMBANTU PERENCANAAN PENGEMBANGAN KARIER SISWA MELALUI LAYANAN INFORMASI. Al-Mursyid : Jurnal Ikatan Alumni Bimbingan Dan Konseling Islam (IKABKI), 4(2), Article 2. https://doi.org/10.30829/mrs.v4i2.1425

Prihatini, A. (2023). Pengaruh bimbingan klasikal terhadap pemahaman studi lanjut peserta didik kelas IX di SMP Negeri 5 Muntok [Undergraduate, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik]. http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/340/

Putri, T. D. S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Siswa Tunagrahita Tingkat Sekolah Dasar di Sekolah Luar Biasa (SLB) BC Dharma Anak Bangsa Klaten Ajaran 2022/2023. UIN Raden Mas Said Surakarta.

Rahmi, A., & Asnah, M. B. (2023). Analisis Urgensi Pengembangan Modul Bimbingan Karir dalam Membantu Perencanaan Pendidikan Lanjutan Siswa SMP. Journal on Education, 5(4), 12486–12501. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2233

Septianti, D. V., Astuti, I., & Yuline, Y. (2022). ANALISIS PEMAHAMAN TENTANG STUDI LANJUT PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 6 PONTIANAK TAHUN 2019/2020. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(5). https://doi.org/10.26418/jppk.v11i5.54529

Simanjuntak, A. H. (2018a). Peran Guru BK dalam Menentukan Pilihan Sekolah Lanjutan pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Kisaran. UIN Sumatera Utara.

Simanjuntak, A. H. (2018b). Peran Guru BK Dalam Menentukan Pilihan Sekolah Lanjutan Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Kisaran [Skripsi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara]. http://repository.uinsu.ac.id/7126/

Suarja, S., Neviyarni, N., & Mudjiran, M. (2015a). Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Mempersiapkan Peserta Didik Dalam Memilih Sekolah Lanjutan Di Smp Negeri Kota Padang. Konselor, 4(2), 58. https://doi.org/10.24036/02015426457-0-00

Suarja, S., Neviyarni, N., & Mudjiran, M. (2015b). Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Mempersiapkan Peserta Didik Dalam Memilih Sekolah Lanjutan Di Smp Negeri Kota Padang. Konselor, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.24036/02015426457-0-00

Suhertina. (2015). Penyusunan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah (1 ed.). CV Mutiara Pesisir Sumatra.

Varisca, D. (2019). Manajemen Kebijakan Pendidikan Kepala Sekolah dalam Mengaplikasikan Visi dan Misi di SMP Yayasan Pendidikan Taman Ilmu Desa Perlanaan Kecamatan Bandar Kabupaten Simalungun. UIN Sumatera Utara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.