Studi Tentang Perilaku Malas Belajar pada Siswa

Kevin Indah Ramadhani, Arif Budi Prasetya, Nur Hikmah

Abstract


Perilaku malas belajar siswa adalah tantangan serius dalam pendidikan yang dapat mempengaruhi prestasi akademik dan perkembangan pribadi. Penelitian ini bertujuan untuk mendalaminya dengan fokus pada faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi perilaku malas belajar siswa. Metode penelitian kualitatif digunakan untuk memahami fenomena ini secara holistik melalui analisis mendalam terhadap berbagai aspek yang terkait. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa perilaku malas belajar pada siswa dapat disebabkan oleh faktor internal, seperti kurangnya motivasi, kelelahan fisik, dan kondisi psikis yang mempengaruhi kesiapan dalam belajar. Faktor eksternal yang mempengaruhi meliputi pengaruh orang tua, guru, teman sebaya, dan lingkungan belajar. Gaya pengasuhan, komunikasi, dan ekspektasi orang tua memainkan peran penting dalam membentuk sikap dan motivasi belajar siswa. Interaksi dengan teman sebaya dan budaya sekolah juga memiliki pengaruh signifikan.

Keywords


Malas Belajar, Siswa

Full Text:

PDF

References


A. Aziz Alimul H (2006). Kebutuhan Dasar manusia. Salemba Medika

Ahmadi, A. (2013). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Alfabeta Rahman Saleh, Y. (2005). Pendidikan Anak Usia Dini, Perlu Stimulasi Sejak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini. Bisnis Indonesia. (21) hal 21-41.

Diono, W. (2021). Kajian kemalasan bekerja dalam perspektif buddhis.

Edy Zaques. Malas dan Cara Mengatasinya. 2008. Diakses pada tanggal 9 Mei 2010. http://www.yauhui.net/rasa-malas-dan-cara-mengatasi-nya

Hakim, Thursan. (2015). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: PT.Puspaswara.

Imam Musbikin. (2009). Mengapa Anakku Malas Belajar Ya? Yogyakarta: DIVA Press.

Khanifatul. 2013. Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Lexy J. Moelong, Metodologi Penelitan Kualitatif, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2007.

Nini Sabini. (2012). Psikologi Pembelajaran. Yogyakarta: Mentari Pustaka.

Pardomuan Hts, K. (2017). Peran Konselor dalam Membantu Pengentasan Malas Belajar Siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 2–5.

Rahmi, A., Suwarni, E., & Rahmawati, Y. M. (2021). Pengaruh Kohesivitas Terhadap Perilaku Kemalasan Sosial Dalam Pengerjaan Tugas Kelompok Selama Belajar Dari Rumah Pada Mahasiswa Psikologi 2020 Universitas Al-Azhar Indonesia. Universitas Al-Azhar Indonesia, 1–13.

Slamet Santoso.2009. Dinamika Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, Alfabeta, Bandung. 2013. Hal.8

Sulala, W. A. (2020). Pengaruh Konseling Islam Melalui Teknik Token Economy untuk Mengurangi Kemalasan Belajar Kitab terhadap Santri di YPPP

AnNuriyah Surabaya. 31.

Syah, Muhibbin.2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.