Perilaku Kedisiplinan Diri Siswa melalui Layanan Bimbingan Klasikal pada SMK Muhammadiyah Cangkringan

Nisrina Thifal Ashma, Amien Wahyudi, Sri Purnami Herawati

Abstract


Memberikan layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan kedisiplinan pada diri siswa saat masuk sekolah maupun selama pembelajaran, layanan ini dapat diberikan dengan memberikan motivasi pada para siswa. Metode yang digunakan dalam memberikan kedisiplinan ini dilakukan dengan pendekatan behaviorisme. Kedisiplinan yang meningkat dapat dilihat melalui sikap taat terhadap tata tertib sekolah dan patuh terhadap guru saat di kelas.

Keywords


Kedisiplinan, Bimbingan Klasikal, Peningkatan Diri, Bimbingan dan Konseling

Full Text:

PDF

References


Akmaluddin, & Haqiqi, B. (2019). Kedisiplinan belajar siswa di sekolah dasar SD) negeri cot keu eung kabupaten aceh besar (studi K kasus). Jurnal of Education Science (JES), 5(2), 1–12. http://www.jurnal.uui.ac.id/index.php/jes/article/view/467/204

Kinesti, R. D. A., Agustin, I. N., Wahidah, F. N., Miftakhussa’adah, E., Naila Darojatil Ulya, & Sa’diyyah, K. (2021). Peningkatan Sikap Kedisiplinan dalam Kegiatan Belajar Mengajar Siswa di SD Al Ma’soem Bandung. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(02), 42–55.

Manshur, A. (2019). Strategi Pengembangan Kedisiplinan Siswa. Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 16–28. https://doi.org/10.36840/ulya.v4i1.207

Regency, B., & Sticker, T. R. (n.d.). Peningkatan Karakter Disiplin Siswa Kelas Iii Sd N 04 Sungai Jaga A , Melalui Metode Reward Sticker Pictured. 161–168.

Sobri, M., Nursaptini, N., Widodo, A., & Sutisna, D. (2019). Pembentukan karakter disiplin siswa melalui kultur sekolah. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1), 61–71. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i1.26912

Tarigan, E. B. (2018). Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Dalam Proses Belajar Mengajar Melalui Layanan Konseling Kelompok Pada Siswa Kelas Vii-3 Smp Negeri 1 Gebang Tahun 2017-2018. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, 15(3), 272–282. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/tabularasa

Guthrie, E. R. (1934). Reward and punishment. Psychological Review, 41(5), 450–460. https://doi.org/10.1037/h0074245

Windah Wardhani, M. (2018). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Kedisiplinan Siswa Sdn Kepek Pengasih Kulon Progo Yogyakarta Factors Causing Low Discipline Of Students At Sdn Kepek Pengasih Kulon Progo Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(19), 1.877-1.886.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.