Dinamika Pertemanan: Faktor yang Mempengaruhi Hubungan Pertemanan di SMP Muhammadiyah 1 Mlati

Risa Nuraini, Akhmad Fajar Prasetya, Angga Surya Wicaksana

Abstract


Relasi dan pertemanan adalah hal penting dalam hidup manusia. Terutama di masa remaja, ketika anak sedang mencari jati diri maka teman lah yang sedikit banyak mempengaruhi hidupnya. Dalam tulisan ini, saya selaku penulis bertujuan untuk mengetahui Apa saja yang menjadi penyebab siswa bisa akrab satu sama lain, Hal apa saja yang menyebabkan siswa sukar bergaul atau terkesan tidak punya teman, dan juga Hal apa saja yang bisa dilakukan agar siswa bisa membentuk pertemanan yang baik di SMP Muhammadiyah 1 Mlati.

Lalu metode yang digunakan dalam mencari data penelitian ini adalah dengan observasi dengan pendekatan kualitatif. Yang mana dari observasi tersebut dapat diketahui bahwa ada banyak hal yang bisa mempengaruhi hubungan pertemanan siswa di SMP Muhammadiyah 1 Mlati. Seperti karena sifat, pola asuh orangtua, lingkungan bermain, sampai sefrekuensi atau tidaknya seorang anak dengan anak lainnya.



Keywords


Pertemanan, Penyebab, Hubungan

Full Text:

PDF

References


Abadi, T. W., Sukmawan, F., & Utari, D. A. (2016). Media Sosial Dan Pengembangan Hubungan Interpersonal Remaja Di Sidoarjo. KANAL: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 95. https://doi.org/10.21070/kanal.v2i1.278

Afiah, N., & Nengsi, F. (2022). Indonesian Journal of Islamic Couseling Analisis Relasi Pertemanan Melalui Perilaku Asertif Pada Mahasiswa Iain Parepare. Nur Afiah &

Fitriani 80 Indonesian Journal of Islamic Counseling, 4(2), 80–87. http://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/ijic

Amrulloh, F. H. (2022). Analisis Pertemanan Siswi Kelas I Sd Berdasarkan Perspektif George Caspar Homans. Ibtidaiyyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 61–74. https://doi.org/10.18860/ijpgmi.v1i2.1814

Andiati, A. (2019). Pertemanan Pada Penerima Manfaat Selama Menjalani Pembinaan Di Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik (BBRSPDF) Prof. Dr.

Soeharso. Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/74570%0Ahttp://eprints.ums.ac.id/74570/19/Naskah publikasi.pdf

Arianto. (2015). “Menuju Persahabatan” Melalui Komunikasi Antarpribadi Mahasiswa Beda Etnis. KRITIS Jurnal Sosial Ilmu Politik Universitas Hasanuddin, 1(2), 219–229.

Aulady, F., & Harianto, S. (2022). Pertukaran Sosial dalam Hubungan Pertemanan Remaja Desa Winong melalui Media Sosial. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 8(2), 220–228. https://doi.org/10.23887/jiis.v8i2.54926

Dewi, S. T., & Minza, W. M. (2018). Strategi Mempertahankan Hubungan Pertemanan Lawan Jenis pada Dewasa Muda. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 2(3), 192. https://doi.org/10.22146/gamajop.36946

Fidyasari, G. N. U. (2021). Pengaruh Teman Sebaya Mahasiswa Terhadap Moral Individu Di Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang. Universitas Muhammadiyah Malang.

Kurniawan, Y., & Sudrajat, A. (2018). Peran teman sebaya dalam pembentukan karakter siswa Madrasah Tsanawiyah. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(2), 149–163. https://doi.org/10.21831/socia.v15i2.22674

Marchellia, R. I. A. C., & Siahaan, C. (2022). Penggunaan Media Sosial Dalam Hubungan Pertemanan. JISIP : Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 11(1), 1–7. https://doi.org/10.33366/jisip.v11i1.2357

Nida, H. A. (2021). Konsep Memilih Teman yang Baik Menurut Hadits. Jurnal Riset Agama, 1(2), 338–353. https://doi.org/10.15575/jra.v1i2.14571

Putri Damayanti, H. (2017). Kecerdasan Emosional dan Kualitas Hubungan Persahabatan. Gadjah Mada Journal of Psychology, 3(2), 86–97.

Rahmat, W. (2014). Pengaruh Tipe Kepribadian dan Kualitas Persahabatan dengan Kepercayaan pada Remaja Akhir. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(1), 41–47. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v2i1.3572

Sandjojo, C. T. (2017). Hubungan antara kualitas persahabatan dengan kebahagiaan pada remaja urban. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 6(2), 1721–1739.

Silfasari, & Prasetyaningrum, S. (2017). Empati Dan Pemaafan Dalam Hubungan Pertemanan Siswa Regular Kepada Siswa Berkebutuhan Khusus (Abk) Di Sekolah Inklusif. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 5(1), 126–143. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jipt/article/view/3886


Refbacks

  • There are currently no refbacks.