Implementasi Pembiasaan Religius di SD Muhammadiyah Kadisoka Membentuk Karakter Unggul Siswa
Abstract
Abstrak
Pendidikan adalah salah satu fondasi utama dalam membentuk karakter dan moralitas generasi muda. Dalam era modern yang penuh dinamika, penting bagi pendidikan untuk menekankan nilai-nilai religius agar siswa tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki kecerdasan moral yang kuat. Penelitian ini mengeksplorasi implementasi pembiasaan religius di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kadisoka dan dampaknya dalam membentuk karakter unggul siswa. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara, observasi, dan analisis dokumen sebagai metode pengumpulan data. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SD Muhammadiyah Kadisoka yang terlibat dalam pembiasaan religius, dan sampelnya dipilih secara purposif. Penelitian ini dilakukan selama satu bulan di lingkungan sekolah yang berbasis nilai-nilai keagamaan Islam. Hasil penelitian mengungkapkan beberapa temuan kunci. Pertama, implementasi pembiasaan religius di sekolah telah membantu siswa meningkatkan kesadaran spiritual mereka. Mereka menjadi lebih terhubung dengan nilai-nilai agama mereka dan mendekatkan diri kepada Tuhan melalui ibadah-ibadah harian. Kedua, pembiasaan religius juga telah mempengaruhi perilaku siswa dalam kehidupan sehari-hari. Mereka menunjukkan perilaku yang lebih jujur, santun, dan sopan terhadap sesama, menciptakan lingkungan belajar yang positif. Yang lebih menarik, penelitian ini mengungkapkan pengaruh positif yang signifikan dari implementasi pembiasaan religius pada prestasi akademik siswa. Siswa yang terlibat dalam pembiasaan religius cenderung memiliki konsentrasi yang lebih tinggi dalam belajar dan tingkat disiplin diri yang lebih baik dalam menyelesaikan tugas tugas akademik mereka.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akhyar, Y., & Sutrawati, E. (2021). Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS ANAK. Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 132– 146. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.363
Fahmi, M. N., & Susanto, S. (2018). Implementasi Pembiasaan Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.21070/pedagogia.v7i2.1592
Hariyani, D., & Rafik, A. (2021). Pembiasaan Kegiatan Keagamaan dalam Membentuk Karakter Religius di Madrasah. AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1). https://doi.org/10.35719/adabiyah.v2i1.72
Jannah, N. R. (2021). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Karakter Religius Pada Siswa Melalui Pembiasaan Membaca Surat Yaasiin Di SDN Simpang Tiga Kota Cilegon. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i2.8083
Kurniawan, D. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN JURNAL HARIAN SISWA TERHADAP PENINGKATAN PEMBIASAAN KARAKTER RELIGIUS DAN DISIPLIN. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 7(3). https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n3.p136-142
Nur, R. A. (2022). Analisis Penggunaan Metode Pembiasaan dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Program Khusus 1 Sukoharjo …. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI.
Nur’aeni, N. dan N. D. K. (2019). JPK : Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1), 65–77.
Nurbaiti, R., Alwy, S., & Taulabi, I. (2020). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 2(1). https://doi.org/10.33367/jiee.v2i1.995
Purnomo, B. (2021). Implementasi Pembentukan Karakter Religius Pada Masa Pandemi Melalui Kegiatan Pembiasan Keagamaan. Jurnal Madaniyah, 12(1).
Ramianti, D., Bisri, H., & Sesrita, A. (2021). Pembiasaan Karakter Religius Siswa Melalui Implementasi Kegiatan Keagamaan. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1).
Silkyanti, F. (2019). Analisis Peran Budaya Sekolah yang Religius dalam Pembentukan Karakter Siswa. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(1). https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17941
Syaroh, L. D. M., & Mizani, Z. M. (2020). Membentuk Karakter Religius dengan Pembiasaan Perilaku Religi di Sekolah: Studi di SMA Negeri 3 Ponorogo. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 3(1), 63–82. https://doi.org/10.33367/ijies.v3i1.1224
Tarmidzi, T., & Sugiarti, I. Y. (2019). Pengaruh Kultur Serta Kebiasaan dan Pembiasaan Positif di Sekolah Terhadap Karakter Religius dan Peduli Lingkungan Siswa SD di Kota Cirebon. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 3(2). https://doi.org/10.20961/jdc.v3i2.35192
Refbacks
- There are currently no refbacks.