Implikasi Kurikulum Merdeka Terhadap Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah (Literatur Review)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., Mutakinati, L., & Suprapto, N. (2020). The impact of covid-19 to indonesian education and its relation to the philosophy of “merdeka belajar”. Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38-49.https://doi.org/10.46627/sipose.v1i1.9
Ananda, A. P., & Hudaidah. (2021). Perkembangan Kurikulum Pendidikan Indonesia dari Masa ke Masa. Sundang: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kajian Sejarah, 3(2), 102-108. https://doi.org/10.31540/sindang.v3i2.1192.
Arifin, S., & Muslim, M. O. H. (2020). Tantangan implementasi kebijakan “merdeka belajar, kampus merdeka” pada Perguruan Tinggi Islam Swasta di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 3(1). https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v3i1.589
Astuti, A. (2018) Buku Landasan Pengembangan Kurikulum. Bandung : Rafa Production
Cahyono, T. (2022). Implementasi Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Prophetic: Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 5(2), 125-134. http://dx.doi.org/10.24235/prophetic.v5i2.12782
Harahap, H. S. (2014). Metodologi studi tokoh & penulisan biografi. Prenada Media.
Hayati, L. M. (2022). Paradigma Guru Bimbingan Konseling Pada Kurikulum Merdeka Belajar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 158. https://doi.org/10.29210/021880jpgi0005
Mufidah, E. F., & Widyastuti, A. (2021). Konselor Sebaya dalam Keterbatasan Waktu Konselor Memberikan Layanan Bimbingan dan Konseling Di Era Pandemi Covid 19. Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(1), 27-32.
Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “merdeka belajar” perspektif aliran progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141-147.
Nursalim, M. (2015). Peningkatan Peran dan Kinerja Konselor untuk Pemberdayaan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling PD ABKIN Jatim, tanggal 8 Februari 2015.
Nursalim, M. (2015). Pengembangan Profesi Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Erlangga.
Nursalim, M. (2022). Implikasi Kebijakan Merdeka Belajar bagi Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling. Prosiding Seminar &
Lokakarya Nasional bimbingan dan Konseling. 19-25. Surabaya. PD ABKIN JATIM & UNIPA
Pane, M., & Aly, H. N. (2023). Orientasi dan Fungsi Kurikulum dalam Pendidikan. Journal on Education, 5(3), 6165–6171. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1388
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Devi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 7911-7915. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Rokhyani, E. (2022). Penguatan Praksis Bimbingan Konseling dalam Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar. Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional bimbingan dan Konseling. 26-38. Surabaya. PD ABKIN JATIM & UNIPA
Refbacks
- There are currently no refbacks.