Implikasi Kurikulum Merdeka Terhadap Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah (Literatur Review)

Fitria Lailatul Jannah, Irma Maulani, Triamariska Septiara Ma’rifah, Ariadi Nugraha, Mustika Sari Nurul Huda

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis implikasi Kurikulum Merdeka terhadap layanan bimbingan dan konseling di sekolah dengan desain penelitian tinjauan pustaka atau literature review. Kurikulum Merdeka Belajar merupakan kurikulum pendidikan terbaru Indonesia yang dikembangkan sebagai fondasi pendidikan pasca Covid-19. Dalam penerapan kurikulum ini, guru BK dibebani peran penting untuk mengoptimalkan perkembangan berpikir siswa. Dalam praktiknya, guru BK diharapkan dapat memberikan layanan bimbingan dan konseling kepada siswa dengan memasukkan materi-materi yang lebih mutakhir dan relevan dengan kemajuan zaman. Guru BK di era Kurikulum Merdeka juga dituntut untuk lebih menekankan pada kesejahteraan psikologis siswa serta mewujudkan Profil Pelajar Pancasila pada diri siswa.

Keywords


Kurikulum Merdeka, Layanan Bimbingan dan Konseling

Full Text:

PDF

References


Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., Mutakinati, L., & Suprapto, N. (2020). The impact of covid-19 to indonesian education and its relation to the philosophy of “merdeka belajar”. Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38-49.https://doi.org/10.46627/sipose.v1i1.9

Ananda, A. P., & Hudaidah. (2021). Perkembangan Kurikulum Pendidikan Indonesia dari Masa ke Masa. Sundang: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kajian Sejarah, 3(2), 102-108. https://doi.org/10.31540/sindang.v3i2.1192.

Arifin, S., & Muslim, M. O. H. (2020). Tantangan implementasi kebijakan “merdeka belajar, kampus merdeka” pada Perguruan Tinggi Islam Swasta di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 3(1). https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v3i1.589

Astuti, A. (2018) Buku Landasan Pengembangan Kurikulum. Bandung : Rafa Production

Cahyono, T. (2022). Implementasi Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Prophetic: Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 5(2), 125-134. http://dx.doi.org/10.24235/prophetic.v5i2.12782

Harahap, H. S. (2014). Metodologi studi tokoh & penulisan biografi. Prenada Media.

Hayati, L. M. (2022). Paradigma Guru Bimbingan Konseling Pada Kurikulum Merdeka Belajar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 158. https://doi.org/10.29210/021880jpgi0005

Mufidah, E. F., & Widyastuti, A. (2021). Konselor Sebaya dalam Keterbatasan Waktu Konselor Memberikan Layanan Bimbingan dan Konseling Di Era Pandemi Covid 19. Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(1), 27-32.

Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “merdeka belajar” perspektif aliran progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141-147.

Nursalim, M. (2015). Peningkatan Peran dan Kinerja Konselor untuk Pemberdayaan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling PD ABKIN Jatim, tanggal 8 Februari 2015.

Nursalim, M. (2015). Pengembangan Profesi Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Erlangga.

Nursalim, M. (2022). Implikasi Kebijakan Merdeka Belajar bagi Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling. Prosiding Seminar &

Lokakarya Nasional bimbingan dan Konseling. 19-25. Surabaya. PD ABKIN JATIM & UNIPA

Pane, M., & Aly, H. N. (2023). Orientasi dan Fungsi Kurikulum dalam Pendidikan. Journal on Education, 5(3), 6165–6171. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1388

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Devi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 7911-7915. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Rokhyani, E. (2022). Penguatan Praksis Bimbingan Konseling dalam Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar. Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional bimbingan dan Konseling. 26-38. Surabaya. PD ABKIN JATIM & UNIPA


Refbacks

  • There are currently no refbacks.