Analisis Penerapan Metode Problem Based Learning pada Pembelajaran Praktikum Chassis Siswa Kelas X TBSM SMK Muhammadiyah 1 Bantul

Alfian Maulana Prayoga, Purnawan Purnawan, Sagiman Sagiman

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan metode Problem Based Learning yang digunakan oleh guru pada pembelajaran praktikum chassis siswa kelas X TBSM SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Ruang lingkup penelitian yaitu adalah salah satu guru dan siswa kelas X TBSM 2 dengan jumlah siswa adalah 30 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dimana instrumen penelitiannya yaitu dengan observasi dan wawancara. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi, dan hasil wawancara. Pengambilan sampel penelitian menggunakan cluster random sampling. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata skor yang diperoleh oleh guru dari observasi adalah 5 skor. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode problem based learning pada pembelajaran praktikum siswa kelas X TBSM di SMK Muhammadiyah 1 Bantul sudah diterapkan dengan baik dan mampu diikuti oleh siswa.

Keywords


Metode Pembelajaran, Problem Based Learning, Praktikum, Siswa

Full Text:

PDF

References


Fricticarani, A., Hayati, A., R, R., Hoirunisa, I., & Rosdalina, G. M. (2023). Strategi Pendidikan untuk Sukses Di Era Teknologi 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(1), 56–68.

Gulo, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 334–341.

Masliah, L., Nirmala, S. D., & Sugilar, S. (2023). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) terhadap Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 1–10.

Najoan, R. A. O., Tahiru, Y. S., Kumolontang, D. F., & Tuerah, R. M. (2023). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1268–1278.

Raudatussaadah, Nurwinda Aulia Nasution, Khafsah Situmorang, & Riska Alfani. (2023). Pendidikan Luar Sekolah Dalam Konteks Pendidikan Islam. Jurnal of Management and Social Sciences, 1(1), 52–64.

Setiawan, T., Sumilat, J. M., Paruntu, N. M., & Monigir, N. N. (2022). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9736–9744.

Suci, A., & Riki, M. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Journal of Multidicsiplinary Research and Development, 2(2), 51–57.

Sunarto, S., & Supriadi, D. (2019). Efektivitas Implementasi Model Pembelajaran SMK dalam Memenuhi Tantangan Revolusi Industri 4.0. Taman Vokasi, 7(2), 190–200.

Sunawardhani, N., & Casmudi, C. (2022). Implementasi Program SMK Pusat Keunggulan Berbasis Kompetensi Keahlian Agribisnis Ternak Unggas di SMK Negeri 3 Penajam Paser Utara. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4968–4981.

Suraya, & Kasman. (2022). Kapabilitas Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Disiplin Guru (Studi Deskriptif Kualitatif Di Smp It Nurul Khalifah Bima). ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 3(1), 130–136.

Yarniman, Z., & Arozatulo, B. (2023). Pengembangan Modul Bahasa Indonesia Berbasis Think Talk Write di Sekolah Menengah Atas. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(2), 131–138.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.