Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bernalar Kritis dalam Pembelajaran di SD Muhammadiyah Ambarketawang 1 Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai profil pelajar Pancasila yang terdapat di setiap sekolah yang dapat menumbuhkan karakter pada anak dalam mempelajari dan menerapkan nilai-nilai Pancasila setiap harinya. Pada kurikulum merdeka ini setiap sekolah memiliki profil pelajar Pancasila yang terdiri ada enam elemen didalamnya. Pada penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pada kemampuan siswa dalam berpikir kritis menyelesaikan sebuah informasi yang berkaitan dan mengevaluasinya. Bernalar kritis sendiri merupakan sebuah tindakan perilaku siswa dalam mencari dan menerima sebuah informasi untuk dianalisis dan dievaluasi dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang mengumpulkan data dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya kemampuan berpikir kritis pada siswa belum maksimal karena masih tergolong baru dalam kurikulum pembelajaran saat ini. Informasi yang didapat melalui wawancara diperoleh dari guru wali kelas 1 yang menyatakan bahwa peserta didik sudah melaksanakan penguatan ini dengan baik pada saat pembelajaran. Guru dapat membimbing dan melatih kemampuan siswa dalam bernalar kritis pada pembelajaran di kelas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ernawati, Y., & Rahmawati, F. P. (2022). Analisis Profil Pelajar Pancasila Elemen Bernalar Kritis dalam Modul Belajar Siswa Literasi dan Numerasi Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), Article 4
Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik Jurnal Jendela Pendidikan, 2 (04), 553-559. Kemendikbudristek. (2022). Penguatan Profil Pelajar Pancasila. 9(1), 46–57
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613-3625.
Refbacks
- There are currently no refbacks.