Penanaman Karakter Religius melalui Pembiasaan Shalat Dhuha di SD Muhammadiyah Miliran Yogyakarta

Desta Rama Novita, Nur Hidayah, Marwiyah Marwiyah

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh pembiasaan shalat Dhuha dalam penanaman karakter religius pada anak-anak SD Muhammadiyah miliran Yogyakarta.  Penelitian melibatkan proses pelaksanaan shalat Dhuha dari pukul 06:45-07:30 sebagai pembiasaan disiplin waktu. Metode ini melibatkan pembiasaan shalat Dhuha sebagai bagian dari rutinitas harian sekolah. Dengan melibatkan siswa dalam praktik shalat Dhuha, sekolah berupaya untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang nilai-nilai keagamaan, disiplin diri, dan tanggung jawab terhadap ibadah. Penelitian ini melibatkan observasi terhadap pelaksanaan shalat Dhuha di sekolah, wawancara dengan siswa dan guru. Hasil studi ini dapat memberikan wawasan tentang sejauh mana praktik shalat Dhuha telah berkontribusi dalam membentuk karakter religius siswa. Diharapkan   bahwa   melalui   pembiasaan   ini, siswa dapat mengembangkan sikap lebih mendalam terhadap ibadah, kepedulian terhadap sesama, serta kesadaran akan pentingnya menjaga hubungan dengan Tuhan dalam kehidupan sehari-hari.

Keywords


Religiusitas, Shalat, Siswa

Full Text:

PDF

References


Ali, I. G. A. P., Huri, M., & Zuraidah, Z. (2022). E Efektivitas Metode Pembiasaan Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pelaksanaan Shalat Dhuha Siswa Sd Negeri 3 Gadungan Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri. Jurnal Pemantik, 1(1), 58–68. https://doi.org/10.56587/pemantik.v1i1.37

Haryanto, R., Firmansyah, T. M., & Rosadi, U. (2023). Penanaman Karakter Religius melalui Pembiasaan Sholat Dhuha. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (JIIP), 6(8), 5784-5789.http://www.jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/2571

Lutfi, C., & Kusmawati, H. (2023). Pendidikan Karakter, Pembiasaan Asmaul Husna, Sholat Dhuha. EDUCATIONIST: Journal of Educational and Cultural Studies, 2(1), 157-161.https://jurnal.litnuspublisher.com/index.php/jecs/article/view/109


Refbacks

  • There are currently no refbacks.