Penerapan Karakter Profil Pelajar Pancasila SD Muhammadiyah Semingin di Era Digital

Fikky Fatimah Febrianti, Vera Yuli Erviana, Siti Nurjanah

Abstract


Kesulitan yang cukup besar dalam dunia pendidikan saat ini adalah penggunaan karakter profil siswa Pancasila di era digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi bagaimana siswa Pancasila SD Muhammadiyah Semingin menerapkan profil karakternya dalam mengatasi kesulitan di era digital. Metodologi penelitian kualitatif digunakan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen yang berkaitan dengan operasional sekolah dan kurikulum. Temuan penelitian menunjukkan bahwa SD Muhammadiyah Semingin telah berupaya menerapkan ciri-ciri profil siswa Pancasila dengan berbagai strategi, seperti memasukkan nilai-nilai Pancasila ke dalam pembelajaran lintas kurikuler dan menciptakan kegiatan ekstrakurikuler yang mengedepankan pengembangan karakter. Mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila di era digital, dimana dampak media sosial dan teknologi dapat mempengaruhi perkembangan karakter siswa, memang menghadirkan kesulitan. Untuk mempertahankan karakter kuat anak dalam menghadapi perubahan keadaan, diperlukan pendekatan yang lebih komprehensif yang mencakup kolaborasi antara sekolah, orang tua, dan masyarakat.

Keywords


Karakter, Profil Pelajar, Era Digital, Pancasila

Full Text:

PDF

References


Anjarwati, A., Az-zahra, P. F., Putri, M. K., Fatma, T., Anjarwati, A., Az-zahra, P. F., Putri, M. K., & Putri, T. F. (2024). Upaya Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila dengan Melatih karakter Kemandirian Efforts to Realize a Pancasila Student Profile by Practicing the Character of Independence. 32(2), 283–290.

Dewanto, R., Ramadhan, A. R., Firdaus, F. F., Mozrapa, E. S., & Hidayat, T. (2023). Menumbuhkan Sikap Karakter Kebangsaan Melalui Pendidikan Sejarah pada Era Disrupsi Abad-21. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 9(2), 343.

Dini Irawati, Aji Muhammad Iqbal, Aan Hasan, B. S. A. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan, 6.

Hidayah, Y., & Suyitno. (2021). Kajian Media Pembelajaran Berbasis Interaktif Untuk Memperkuat Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(2), 22–30.

Hidayati, N., Hidayati, D., Hani Saputro, Z., & Lestari, T. (2022). Implementasi Pembelajaran Proyek pada Sekolah Penggerak di Era Digital. Journal of Education and Teaching (JET), 4(1), 68–82.

Julianto, I. R., & Umami, A. S. (2023). Peranan Guru dalam Mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila Dan Implikasinya Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Prosiding Samasta, 208–2016. (2022). Arman Mangaratua Sitorus. 56, 95–102.

Kiriana, N., & Widiasih, N. N. S. (2023). Penerapan Survei Karakter Dan Survei Lingkungan Belajar: Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Era Disrupsi Digital. Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu, 10(1), 48–55.

Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849.

Nahdiyah, U., Arifin, I., & Juharyanto, J. (2022). Pendidikan profil pelajar pancasila ditinjau dari konsep kurikulum merdeka. Seminar Nasional Manajemen Strategi Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dan Pendidikan Dasar (Dikd As), 5, 1–8.

Pancasila, P. (2021). Volume 19 no. 2 edisi oktober 2021. 19(2), 202–207.

Rahmawati, A., & Pgri, U. (2023). Persepsi guru tentang kegiatan projek penguatan profil pelajar pancasila ( p5 ) sebagai penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada kurikulum merdeka era digital. 8097, 990–996.

Rini Trisnawulan, S. . (2022). Upaya Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila di Era Transformasi Digital.

Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2)

Susilawati, E., & Sarifuddin, S. (2021). Internalization of Pancasila Values in Learning through Implementation of Pancasila Student Profile with “ Merdeka Mengajar ” Platform. Jurnal TEKNODIK, 25(2), 155–168.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.