Penguatan Profil Pelajar Pancasila Mandiri melalui Ekstrakurikuler Hizbul Wathan di SD Muhammadiyah Ambarketawang 1
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan profil pelajar pancasila nilai mandiri melalui ekstrakurikuler di SD Muhammadiyah Ambarketawang 1. Dalam penguatan nilai mandiri melalui ekstra HW tidak jauh berbeda dengan ekstra pramuka dalam hal kepanduan, namun HW lebih merujuk kepada Al-Quran sebagai pedoman pokok. Penelitian dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan cara mengamati secara langsung pelaksanaan ekstra HW di SD Muhammadiyah Ambarketawang 1.
Keywords
Kemandirian, Profil Pelajar Pancasila, Hizbul Wathan, Sekolah Dasar, Siswa
Full Text:
PDFReferences
Anas, Irwanto. 2013. Pendidikan Karakter. Pustaka Setia. Bandung.
Efendi, Musni. 2018. “ Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Program Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Pada Sekolah Dasar Muhammadiyah VI Palembang. ” Conciencia 17(1):27 – 39.
Kwartir Pusat HW. 2007b. Kurikulum Gerakan Kepanduan HW . Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.
Zulnuraini. 2012. Pendidikan Karakter, Konsep, Implementasi dan Pengembangannya. Jurnal
Pendidikan. http://pgsduntad.com/wp- content/uploads/2014/04/Abstrak-4.pdf.
diakses 19 Oktober 2017
Refbacks
- There are currently no refbacks.