Penguatan Profil Pelajar Pancasila Mandiri melalui Ekstrakurikuler Hizbul Wathan di SD Muhammadiyah Ambarketawang 1

Hanif Akmal Rizaldi, Fitri Indriani, Yunita Prasetya Ningrum

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mendeskripsikan  penerapan profil  pelajar  pancasila  nilai  mandiri  melalui  ekstrakurikuler  di  SD Muhammadiyah Ambarketawang 1. Dalam penguatan nilai mandiri melalui ekstra HW tidak jauh berbeda dengan ekstra pramuka dalam  hal kepanduan, namun HW lebih merujuk kepada Al-Quran sebagai pedoman  pokok.  Penelitian  dilakukan  menggunakan  metode kualitatif  dengan  cara  mengamati  secara  langsung  pelaksanaan ekstra HW di SD Muhammadiyah Ambarketawang 1.

Keywords


Kemandirian, Profil Pelajar Pancasila, Hizbul Wathan, Sekolah Dasar, Siswa

Full Text:

PDF

References


Anas, Irwanto. 2013. Pendidikan Karakter. Pustaka Setia. Bandung.

Efendi, Musni. 2018. “ Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Program Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Pada Sekolah Dasar Muhammadiyah VI Palembang. ” Conciencia 17(1):27 – 39.

Kwartir Pusat HW. 2007b. Kurikulum Gerakan Kepanduan HW . Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.

Zulnuraini. 2012. Pendidikan Karakter, Konsep, Implementasi dan Pengembangannya. Jurnal

Pendidikan. http://pgsduntad.com/wp- content/uploads/2014/04/Abstrak-4.pdf.

diakses 19 Oktober 2017


Refbacks

  • There are currently no refbacks.