Gerakan Budaya 3S (Salam, Senyum, Sapa) dalam Upaya Mencetak Peserta Didik yang Berkarakter di SD Muhammadiyah Kedungbanteng II
Abstract
Pembudayaan 3S yang diberlakukan di SD Muhammadiyah Kedungbanteng II merupakan salah satu upaya penanaman karakter bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pihak sekolahan menanamkan karakter peserta didik melalui pembudayaan 3S. Metode penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa gerakan budaya 3S ini memberikan dampak positif untuk karakter peserta didik. Sehingga untuk langkah kedepannya, sekolah ini harus tetap mempertahankan budaya 3S pada peserta didik.
Keywords
Budaya 3S, Karakter, Peserta Didik, Sekolah Dasar
Full Text:
PDFReferences
H, A., & Pongoliu. (2017). Pembinaan Karakter Siswa Dalam Membentuk Sikap 3S (Salam, Senyum, Sapa). Jurnal Riset dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, 201- 202.
Konadi, H. (2022). Peran Guru Dalam Pembiasaan Budaya 3S (Salam, Senyum, Sapa) Terhadap Siswa. Jurnal Studi Keislaman, 66 - 67
Sukiyat. (2020). Strategi Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.
Yunitasari, L. (2018). Strategi Pembinaan Moral Siswa Melalui Pembudayaan 3S (Senyum, Salam, Sapa) Di SMA Negeri 1 Tulungagung. Jurnal Rontal Keilmuan PKN, 30 - 36.
Refbacks
- There are currently no refbacks.