Gerakan Budaya 3S (Salam, Senyum, Sapa) dalam Upaya Mencetak Peserta Didik yang Berkarakter di SD Muhammadiyah Kedungbanteng II

Innaka Luthfi Putri Winsati, Lisa Retnasari, Dwi Purwanto

Abstract


Pembudayaan  3S  yang  diberlakukan  di  SD  Muhammadiyah  Kedungbanteng II merupakan salah satu upaya penanaman karakter bagi  peserta  didik.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui bagaimana  pihak  sekolahan  menanamkan  karakter  peserta  didik melalui  pembudayaan  3S.  Metode  penelitian  ini  menggunakan  wawancara,   observasi,   dan   dokumentasi.   Hasil   penelitian  menyatakan  bahwa  gerakan  budaya  3S  ini  memberikan  dampak positif  untuk  karakter  peserta  didik.  Sehingga  untuk  langkah kedepannya,  sekolah  ini  harus  tetap  mempertahankan  budaya  3S pada peserta didik.

Keywords


Budaya 3S, Karakter, Peserta Didik, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


H, A., & Pongoliu. (2017). Pembinaan Karakter Siswa Dalam Membentuk Sikap 3S (Salam, Senyum, Sapa). Jurnal Riset dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, 201- 202.

Konadi, H. (2022). Peran Guru Dalam Pembiasaan Budaya 3S (Salam, Senyum, Sapa) Terhadap Siswa. Jurnal Studi Keislaman, 66 - 67

Sukiyat. (2020). Strategi Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.

Yunitasari, L. (2018). Strategi Pembinaan Moral Siswa Melalui Pembudayaan 3S (Senyum, Salam, Sapa) Di SMA Negeri 1 Tulungagung. Jurnal Rontal Keilmuan PKN, 30 - 36.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.