Strategi Pembelajaran Peserta Didik Hiperaktivitas di SD Muhammadiyah Dhuri

Lutfia Citra Priastini, Probosiwi Probosiwi, Dwi Roselawaty

Abstract


Peserta didik dengan gangguan hiperaktivitas sulit untuk belajar sesuai konvensional dikarenakan peserta didik cenderung hiperaktif dan sulit untuk berkonsentrasi dalam waktu relatif lama terhadap proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi pendekatan pembelajaran yang paling sesuai untuk mengakomodasi kebutuhan peserta didik yang hiperaktivitas,sehingga mereka dapat belajar dengan efektif. Metode penelitian melibatkan tinjauan Pustaka mengenai karakteristik peserta didik hiperaktif,strategi pembelajaran yang ada dan pendekatan yang dapat mengelola hiperaktivitas dalam konteks pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan ini berfokus pada interaktivitas,pengalaman langsung dan variasi dalam pembelajaran lebih efektif untuk peserta didik dengan hiperaktivitas. Pembelajaran kolaboratif,pemberian tugas tugas praktis dan integrasi teknologi juga terbukti membantu mengarahkan energi mereka secara positif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa adaptasi pendekatan pembelajaran di Sd Muhammadiyah Dhuri dengan mempertimbangkan kebutuhan dan karakteristik peserta didik hiperaktif dapat membantu dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif dan efektif,dengan menerapkan strategi yang tepat. Peserta didik dengan hiperaktivitas dapat mengembangkan potensi mereka secara optimal dalam konteks Pendidikan.

Keywords


Pembelajaran, Peserta Didik, Hiperaktivitas, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Hidayati, Richma. "Peran Konselor Sekolah Dalam Meningkatkan Konsentrasi Pada Siswa Hiperaktif (ADHD)." Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan 4.1 (2014).

Marlina, Marlina. "Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas pada Anak." (2008): 1-170.

MAULIDIYAH, Charisma. Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Tematik Pada Anak Down Syndrome Dan ADHD Di SD Negeri Sumbersari 2. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 2023, 18.22.

Nurafifah, W., & Rachmania, S. (2023). Analisis Kepribadian Anak Hiperaktif dalam Proses Pembelajaran di Kelas II Sekolah Dasar serta Upaya Mengatasinya. Mindset: Jurnal Pemikiran Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 36-43.

Nurhaeda, N. (2019). Perilaku Hiperaktif Peserta Didik Dan Penanganannya (Studi Kasus Di SDN Inpres Bumi Bahari) (Doctoral dissertation, IAIN Palu).

Sabilla, Syafira Nur. "Mindful Parenting pada Orangtua dengan Anak Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas (GPPH): Tinjauan Sistematis." Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi 26.1 (2021): 195-216.

Setianingsih, S. (2018). Dampak penggunaan gadget pada anak usia prasekolah dapat meningkatan resiko gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas. Gaster, 16(2), 191205.

Sitoresmi, Maria Aprisilla, Muhammad Asrori, and Yuline Yuline. "ANALISIS TENTANG PERILAKU HIPERAKTIF PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 5 PONTIANAK TAHUN AJARAN 2O21/2022." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) 11.11: 3009-3017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.