Implementasi Karakter Integritas Berbasis Budaya Sekolah pada Peserta Didik di SD Muhammadiyah 1 Ngupasan

Novika Putri Romadhoni, Ramadhani Uswatun Khasanah, Hafida Ulya Azima

Abstract


Budaya sekolah merupakansarana yang dapat diimplementasikan dalam nilai karakter. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi karakter integritas berbasis budaya sekolah pada peserta didik di SD Muhammadiyah 1 Ngupasan Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan aktivitas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengimplementasian pendidikan karakter integritas berbasis budaya sekolah pada peserta didik di SD Muhammadiyah 1 Ngupasan Yogyakarta dilaksanakan dengan menerapkan 5 nilai karakter yaitu antara lain, religius, integritas, mandiri, gotong royong, dan nasionalisme. Dari sebelum pembelajaran dimulai hingga di luar jam pelajaran. Budaya sekolah di SD Muhammadiyah 1 Ngupasan Yogyakarta terdiri dari budaya pembiasaan 5S, budaya menjaga kebersihan, budaya daur ulang (ecobrick), budaya sholat dhuha, sholat dhuhur, sholat ashar, budaya jumat berbagi, dan budaya hafalan surat.



Keywords


Karakarter, Integritas, Budaya Sekolah

Full Text:

PDF

References


Ali, A., Kristiawan, M., & Fitriani, Y. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 2063-2069.

Amirullah dan Arbain. 2014. Pendidikan Anti Korupsi Konsep Strategi dan Implementasi Pendidikan Anti Korupsi di Sekolah/Madrasah. Bandung: Alfabeta.

Darmawan, D. (2018). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 7(39), 3930–3937.

Daryanto. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Gunawan, H. 2012. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Hapudin, M. S. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembangunan Budaya Sekolah (Culture School). Journal of Teaching dan Learning Research, 1(2), 121-130

Labudasari, E., & Rochmah, E. (2018, December). Peran budaya sekolah dalam meningkatkan karakter siswa sekolah dasar. In Prosiding Seminar Nasional PGSD.leman. Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 55-67.

Sriwilujeng, D. 2017. Panduan Implementasi Pendidikan Karakter. Jakarta: Esensi Erlangga Group.

Widodo, H. 2019. “Penguatan Pendidikan Karakter di SD Muhammadiyah Macanan Sleman Yogyakarta”. Jurnal Lentera Pendidikan, Volume 22 No. 1 Hal 48.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.