PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA

Nurul Fitaningsih, Yulita Purnamasari, Galuh Kartikasari Aribowo, Ulfa Danni Rosada, Sugiman Sugiman

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan guna mengetahui apakah kecanduan game online memiliki pengaruh kepada prorastinasi akademik. Metode kuantitatif dan deskriptif digunakan didalam penelitian ini dengan teknik analisis regresi sederhana. Sampel penelitian ini melibatkan 33 siswa. Penelitian ini menggunakan skala kecanduan game online dan skala prokrastinasi. Hasil analisis data menunjukkan ada nilai hubungan R Square sebesar 0,013 yang menunjukkan adanya pengaruh sebesar 1,3% terhadap variabel terikat yaitu penundaan belajar dan variabel bebas yaitu kecanduan game online. khusus 0 orang. pada kategori Tinggi, 28 orang pada kategori sedang dan 5 orang pada kategori rendah. Penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki prokrastinasi akademik sedang dan kecanduan game online. Penelitian ini dapat digunakan oleh konselor untuk secara cepat mengurangi kecanduan game online dan prokrastinasi akademik, sehingga dapat membantu siswa dalam belajar tanpa terhambat oleh kecanduan game online dan prokrastinasi akademik.

Keywords


Game Online, Prokrastinasi Akademik

Full Text:

PDF

References


Abdi, S., & Karneli, Y. (2020). Kecanduan Game Online: Penanganannya dalam Konseling Individual. Guidance, 17(02), 9–20.

https://doi.org/10.34005/guidance.v17i02.1166

Fauzi, M. A., Lasan, B. B., & Simon, I. M. (2022). Pengaruh Kecanduan Media Sosial dan Game Online terhadap Prokrastinasi Akademik Peserta Didik. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(5), Article 5. https://doi.org/10.17977/um065v2i52022p471-478

Fauziah, H. H. (2016). Fakor-faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik pada mahasiswa fakultas psikologi uin sunan gunung djati bandung. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2), 123–132. https://doi.org/10.15575/psy.v2i2.453

Hapiyansyah, M. (2023). Dampak Negatif Permainan Game Online Terhadap Remaja | Prosiding Sains dan Teknologi. https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/SAINTEK/article/view/2141

Herawati, M., & Suyahya, I. (2019). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Prokrastinasi Akademik Peserta Didik SMK Islam Ruhama. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2. https://doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.148

Ilyas, M., & Suryadi, S. (2018). Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Di SMA Islam Terpadu (IT) Boarding School Abu Bakar Yogyakarta. An-Nida’, 41(1), Article 1. https://doi.org/10.24014/an-nida.v41i1.4638

Irawan, S., & W, D. S. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecanduan Game Online Peserta Didik. JURNAL KONSELING GUSJIGANG, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.24176/jkg.v7i1.5646

Kurniawan, D. E. (2017a). Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Yogyakarta. 3(1).

Kurniawan, D. E. (2017b). Pengaruh intensitas bermain game online terhadap perilaku prokrastinasi akademik pada mahasiswa bimbingan dan konseling universitas pgri yogyakarta. 3(1).

Latief, p. M. (2015). Hubungan antara persepsi dukungan sosial teman sebaya dengan prokrastinasi akademik siswa kelas xi di sma negeri 1 prambanan. Jurnal riset mahasiswa bimbingan dan konseling, 0, article 0.

Https://journal.student.uny.ac.id/index.php/fipbk/article/view/272

Masya, H., & Candra, D. A. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Gangguan Kecanduan Game Online pada Peserta Didik Kelas X Di Madrasah Aliyah Al Furqon Prabumulih Tahun Pelajaran 2015/2016. KONSELI : Jurnal Bimbingan dan Konseling

(E-Journal), 3(2), 103–118. https://doi.org/10.24042/kons.v3i2.575

Mertika, M., & Mariana, D. (2020). Fenomena Game Online di Kalangan Anak Sekolah Dasar. Journal of Educational Review and

Research, 3(2), 99. https://doi.org/10.26737/jerr.v3i2.2154

Nisa, N. K., Mukhlis, H., Wahyudi, D. A., & Putri, R. H. (2019). Manajemen Waktu dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Keperawatan. Journal of Psychological Perspective, 1(1), 29–34. https://doi.org/10.47679/jopp.1172019

Safitri, R., Purnamasari, V., & Wakhyudin, H. (2020). Dampak Game Online PUBG Terhadap Perilaku Prokrastinasi Siswa. International Journal of Natural Science and Engineering, 4(1), 30–38. https://doi.org/10.23887/ijnse.v4i1.29079

Sakina, F., & Insan, I. (2022). Pengaruh kecanduan game online terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa. 5(1).

Saman, A. (2017). Analisis Prokrastinasi Akademik Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Psikologi Pendidikan Dan

Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan). Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 55. https://doi.org/10.26858/jpkk.v0i0.3070

Sandya, S. N., & Ramadhani, A. (2021). Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(1), 202. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i1.5680

Suhadianto, S., & Pratitis, N. (2020). Eksplorasi Faktor Penyebab, Dampak dan Strategi Untuk Penanganan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 10(2), 204. https://doi.org/10.24036/rapun.v10i2.106672

Surbakti, K. (2017). Pengaruh Game Online terhadap Remaja. JURNAL CURERE,1(1), Article 1. https://doi.org/10.36764/jc.v1i1.20

Wicaksono, L. (2017). Prokrastinasi akademik mahasiswa.

Yoga pamungkas, b. (2021). Pengaruh kecanduan game online pubg mobile (playerunknow’s battlegrounds) terhadap perilaku prokrastinasi akademik pada mahasiswa universitas islam negeri maulana malik ibrahim malang. 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.