Upaya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) melalui Gerakan Anti Bullying di SD Muhammadiyah Karangharjo

Alfina Cahya Meytasari, Amanda Nur Fadilah, Nadiah Zain, Annisa Apriliana Marsita Devi, Raden Wisnu Wijaya Dewojati, Rini Widi Astuti

Abstract


Kurikulum Merdeka berbeda dengan Kurikulum 2013; terdapat Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka. Proyek ini merupakan pendukung kegiatan ekstrakurikuler yang tujuan utamanya tidak hanya untuk meningkatkan kompetensi siswa, tetapi juga untuk menciptakan dan memperkuat karakter mereka sebagai Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui kepedulian atau tantangan lingkungan. Artikel ini berupaya untuk memahami memahami proyek penguatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sebagai gerakan anti bullying pada peserta didik. Menyikapi pentingnya Penguatan Profil Pelajar Pancasila sangat diperlukan di sekolah dasar terutama di SD Muhammadiyah Karangharjo Berbah untuk mewujudkan generasi yang berkarakter dan mampu berkontribusi bagi lingkungan di sekitarnya. Penulisan ini menggunakan metodologi kualitatif untuk mengumpulkan data dan sumber data terkait untuk penyelidikan. Subjek penelitian ini adalah seluruh murid SD Muhammadiyah Karangharjo Berbah.

Keywords


Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Pancasila, Anti Bullying.

Full Text:

PDF

References


Badu, S., Prasetyo, A., Harsan, T., Studi, P., Pancasila, P., & Keguruan, F. (2023). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dengan Tema Fenomena Perundungan Kelas X di SMA Veteran 1 Sukoharjo. 5, 10–25.

Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553–559.

https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.309

Kementerian. (2019). Fenomena Kasus Bullying Di Sekolah. Research Gate, 2.

Safitri, N. A. (2018). Pengaruh pendidikan kesehatan melalui audiovisual terhadap tingkat pengetahuan dan norma subjektif remaja tentang bullying. 1–7.http://eprints.ums.ac.id/59879/14/BAB I.pdf

Syafri, U. A., Bawazier, F. A., Tamam, A. M., & Mujahidin, E. (2022). Inovasi program penguatan pendidikan karakter religius berbasis profil pelajar Pancasila di SMP Al-Kahfi. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 11(4), 574.https://doi.org/10.32832/tadibuna.v11i4.8410

Yonita, E. N., & Karneli, Y. (2019). The Effectiveness of the Cognitive Behavior Modification Approach with Group Settings to Reduce Bullying Behavior. Jurnal Neo Konseling, 1(3), 1–7. https://doi.org/10.24036/00136kons2019

Yuyarti. (2018). Mengatasi Bullying Melalui Pendidikan Karakter. Jurnal Kreatif, 9(1), 52–


Refbacks

  • There are currently no refbacks.