Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas 4 Sd Muhammadiyah Blawong 1

Bunga Divia, Lyan Rahma Syarifah, Indah Marcella, Ervina Fajri Ramadhan, Diyah Puspita, Netty Kurniawati

Abstract


Penggunaan teknologi dalam pendidikan telah menjadi sebuah tren yang semakin berkembang, terutama dalam konteks pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar. Salah satu alat yang telah meraih popularitas tinggi dalam pembuatan materi pembelajaran kreatif adalah aplikasi Canva. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Matematika di kelas 4 SD Muhammadiyah Blawong 1. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). selama 1 Bulan Guru dan siswa berperan aktif dalam proses penggunaan Canva sebagai alat bantu pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan Canva dalam pembelajaran Matematika memberikan dampak positif terhadap pemahaman konsep, minat belajar, dan kreativitas siswa. Hasil analisis data juga menunjukkan bahwa penggunaan Canva memfasilitasi Interaksi guru-siswa meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran. Dengan demikian, pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran Matematika di tingkat SD dan dapat dijadikan referensi bagi guru-guru lain dalam mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif dan menarik.

Keywords


Canva,Media Pembelajaran,Matematika

Full Text:

PDF

References


Admelia, M., Farhana, N., Agustiana, S. S., Fitri, A. I., & Nurmalia, L. (2022). Efektifitas penggunaan aplikasi Canva dalam pembuatan modul pembelajaran interaktif Hypercontent di Sekolah Dasar Al Ikhwan. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 177.

Alfian, A. N., Putra, M. Y., Arifin, R. W., Barokah, A., Safei, A., & Julian, N. (2022). Pemanfaatan media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi canva. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 5(1), 75-84.

Didik, D. P., & Zebua, N. (2023). Potensi Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Praktis Bagi Guru. 2(1), 229–234.

Idawati, Maisarah, Muhammad, Meliza, Arita, A., Amiruddin, & Salfiyadi, T. (2022). Pemanfaatan Canva Sebagai Media

Pembelajaran Sains Jenjang SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 745–751.

https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Junaedi, S. (2021). Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Kemampuan Kreatifitas Mahasiswa pada Mata Kuliah English for Information Communication and Technology. Bangun Rekaprima, 7(2), 80–89. https://jurnal.polines.ac.id/index.php/bangun_rekaprima/article/view/3000/107647

Mila, N., Naila, A., Azisah, Q., & Arisah, N. (2021). Efektivitas Pemanfaatan Canva Sebagai Media Pembelajaran Daring. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN 2021, “Penelitian Dan Pengabdian Inovatif Pada Masa Pandemi Covid-19", 181–188.

Purba, Y. A., & Harahap, A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di SMPN 1 NA IX-X Aek Kota Batu. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1325–1334. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1335

Rizanta, G. A., & Arsanti, M. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Masa Kini. Prosiding Seminar Nasional Daring, 2, 560–568. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1381

Tri Wulandari, & Adam Mudinillah. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 102–118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245

Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 102-118.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.