Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Mata Pelajaran Matematika Operasi Hitung Pembagian Bilangan Cacah di SD Muhammadiyah Ambarketawang 3

Rashika Ardafa Sahila, Siti Nur Fadhilah, Anis Fajar Fitriyanti, Hendro Widodo, Alfiana Fajaryanti

Abstract


Matematika menjadi salah satu muatan pembelajaran yang diajarkan di sekolah, baik dalam lingkup pendidikan dasar maupun menengah. Cakupan matematika memuat unsur- unsur yang dipilih untuk mengembangkan kapasitas, memebentuk kepribadian individu siswa, dan teteap berpedoman pada ilmu pengetahuan dan tekhnologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pemahaman siswa dalam memahami cakupan materi pembelajaran matematika mengenai Konsep Operasi Hitung Pembagian Bilangan Bulat. Penelitian menerapkan metode diskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan teknik ujian tertulis. Teknis analisis data yang digunakan menggunakan metode deskriptif. Hasil perolehan analisis data dari kegiatan akhir pembelajaran kelas 4 pada materi matematika menggunakan aplikasi Anates di SD Muhammadiyah Ambarketawang 3 dengan jumlah siswa adalah26. Kemudian, terdiri dari 10 soal pilihan ganda maka diperoleh sebuah hasil beserta pembahasan mengenai soal objektif tersebut yang terdiri dari4 unsur, yaitu Taraf Kesukaran dan Daya Pembeda, Analisi Distraktor, Reliabilitas dan Validasi butir.

Keywords


Matematika, Operasi Hitung Pembagian, Evaluasi

Full Text:

PDF

References


Astuti, Astuti. 2020. “Analisis Soal Ujian Akhir Semester Genap Mata Pelajaran Matematika Siswa Sd Negeri 005 Binuang.” Jurnal Pendidikan Tambusai 4:867–80.

Arbiantin, Eni, and Mulabbiyah. 2020. “Analisis Kelayakan Butir Soal Tes Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran Matematika Kelas Vi Di Sdn 19 Ampenan Tahun Pelajaran 2019/2020.” 12(2):146–71.

Bergqvist, Ewa, Tomas Bergqvist, Lotta Vingsle, Ulrika Wikstr, and Magnus Osterholm. 2023. “Applying a New

Framework of Connections between Mathematical Symbols and Natural Language.” 72(September).

Elviana. 2020. “Analisis Butir Soal Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menggunakan Program Anates.” 10(2):58–74.

Fauzi A, Deni. S, Syahril. 2020. “Kesulitan Pendidik Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar.” 6(1):142–48.

Fauziana, Anis, and Andhita Dessy Wulansari. 2021. “Analisis Kualitas Soal Ulangan Harian Di Sekolah Dasar Dengan Model Rasch.” Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains 6:10–19. doi: 10.21154//ibriez.v6i1.112.

Gusteti, Meria Ultra, and Neviyarni. 2022. “Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka.” 3(3):636–46.

Madil, Samsul. 2020. “Analysis of Difficulty Levels and Discriminating Power of Items Made by Junior High School Mathematics Teachers.” 11934–42.

Magdalena, Ina, Yanthi Ardia Ningsih, Nesfi Berliana, Alma Novianti Gunawan, and Universitas Muhammadiyah Tangerang. 2021. “Analisis Soal Ulangan Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDS Sari Putra.” Bintang : Jurnal Pendidikan Dan Sains 3(April):15–22.

Putriani, Deka, Fadila Turahmah, Nefi Ratna Sunarti, Pisi Ismarliana, and Ahmad Walid. 2020. “Analisis Soal UAS Biologi 2018/2019 Kelas X Dan XI SMAN 11 Kota Bengkulu.” Journal of Biology Learning 2(1):1–7. doi: 10.32585/.v2i1.559.

Risnayati, Cik. 2021. “Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Melalui Metode Demonstrasi Dengan Media.” 8(1):91–102.

Wiguna, Satria. 2021. Aplikasi Anates Dalam Evaluasi Pembelajaran. Purwokerto Selatan: CV. Pena Persada


Refbacks

  • There are currently no refbacks.