Implementasi Pendidikan Terpeduli Lingkungan Melalui Pemanfaatan Bank Sampah Di SD Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta

Rini Suwandari, Resa Naili Izati, Sugeng Riyanto, Dewi Endarsti

Abstract


Penelitian ini Penelitian ini mendeskripsikikan tentang  implementasi pendidikan lingkungan melalui pemanfaatan bank  sampah di SD Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta. Penelitian  ini menggunakan metode pendekatan jenis kualitatif-deskriptif.  Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah guru pamong , siswa,  dan di SD Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta. Teknik  pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi,  wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan  bahwa implementasi pendidikan terpeduli lingkungan melalui bank  sampah dilaksanakan dengan kegiatan pemilahan sampah yang  dilakukan peserta didik terkait pengelolahan sampah sesuai dengan  wadah yang sudah terdapat di setiap sudut kelas, yang nantinya  beberapa sampah yang berbahah plastik dikumpulkan menjadi satu di  Bank sampah.

Keywords


Bernalar Kritis, Motivasi, Integritas Moral

Full Text:

PDF

References


Febrianti, N., & Dewi, D. A. (2021). Pengembangan Nilai Moral Peserta Didik dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 476-482. Hayati, M., & Hafizh, M. (2023). Kata Motivasi Belajar Dan Paradigma Belajar Dalam Hadist Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 1(2), 1-14.

Kurniawan, J., & Haq, A. (2022). Pengaruh moralitas individu, integritas dan sistem pengendalian internal terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi. Jurnal Ekonomi Trisakti, 2(2), 1691-1702.

Malyuna, S. I., & Lubis, M. (2023). Integrasi Materi Pembelajaran Iman, Islam, dan Ihsan dalam Upaya Mencegah Dekadensi Moral di Era Digital. Hikmah, 20(1), 92-104. Manurung, A. S., Fahrurrozi, F., Utomo, E., & Gumelar, G. (2023). Implementasi Berpikir Kritis dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 120-132.

Pandu, R., Purnamasari, I., & Nuvitalia, D. (2023). Pengaruh Pertanyaan Pemantik Terhadap Kemampuan Bernalar Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik. Pena Edukasia, 1(2), 127- 134.

Pritandhari, M. (2018). ANALISISINTENSITAS PENGGUNAANGADGETDAN PEMANFAATANINTERNETTERHADAP MOTIVASI BELAJAR. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 6(1).

Rosyada, A., Fatih, M., & Alfi, C. (2023). PENGEMBANGAN PERMAINAN FINDING TREASURE MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI BAGIAN TUMBUHAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN BERNALAR KRITIS SISWA KELAS IV UPT SD NEGERI SUMBERBOTO 05 KABUPATEN BLITAR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 4220-4230.

Roudhaturrohmah, R. (2018). Hubungan Integritas Moral dengan Perilaku Seksual Pra-nikah pada mahasiswa di Kota dan Kabupaten Bandung (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Triansyah, F. A., Suwatno, S., & Supardi, E. (2023). Fokus Penelitian Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Ekonomi: Bibliometrik Analisis 2019-2023. Jurnal Simki Pedagogia, 6(1), 130-139.

Ulya, V. F., & Anisah, Z. (2021). Pembentukan nilai karakter integritas melalui gerakan literasi sekolah pada anak MI/SD. PREMIERE: Journal of Islamic Elementary Education, 3(1), 43-56.

Widiana, Y. W., Saepudin, A., & Dari, R. W. (2023). STRATEGI PERKEMBANGAN NILAI MORAL AGAMA PADA ANAK USIA DINI. Plamboyan Edu, 1(1), 83-94. Zalsabella, D. (2023). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Nilai Karakter dan Moral Anak di Masa Pandemi. Journal of Islamic Education, 9(1), 43-63. Irawati,

D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238. Kumala, F. N. (2023). Analisis Profil Pelajar Pancasila Berdasarkan Aspek Sikap Ilmiah Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(1), 84-96 Rahmadani, F. A. (2020). Upaya menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan melalui pengelolaan bank sampah. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(3), 261-270.

Mukminin, A. (2014). Strategi pembentukan karakter peduli lingkungan di sekolah adiwiyata mandiri. Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam, 19(02), 227-252.

Winahyu, D., Hartoyo, S., & Syaukat, Y. (2013). Strategi pengelolaan sampah pada tempat pembuangan akhir Bantargebang, Bekasi. Jurnal Manajemen Pembangunan Daerah, 5(2).

Armadi, N. M. (2021). Peran Serta Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Sebagai Kunci Keberhasilan Dalam Mengelola Sampah. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 9-24. Sulistiyorini, N. R., Darwis, R. S., & Gutama, A. S. PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SAMPAH DI LINGKUNGAN MARGALUYU KELURAHAN CICURUG.

Rahmawati, P. H. W. (2017). Pemanfaatan Bank Sampah Malang (BSM) sebagai sumber belajar budaya bersih siswa SDN Kauman 1 Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.