Pembiasaan Sholat Dhuha Terhadap Pendidikan Karakteristik Religius Peserta Didik Di SD Muhammadiyah Karang Ploso

Rivan Novriandra, Amanda Akila, M. Zikri Agsah, Mukti Sintawati, Erna Endaryani

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk Menjelaskan  bagaimana nilai-nilai keagamaan diterapkan melalui  praktik pembiasaan Shalat Dhuha kepada siswa di SD  Muhammadiyah Karangploso, sambil mengidentifikasi  masalah yang timbul dan solusi yang diterapkan. Metode  penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif  deskriptif, yang melibatkan proses pengumpulan data  melalui pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil  penelitian ini mengungkapkan bahwa semua siswa dan  guru di SD Muhammadiyah Karangploso secara teratur  melaksanakan Shalat Dhuha setiap pagi Nilai-nilai  karakter yang ditekankan meliputi kedisiplinan dalam  menjalankan Shalat Dhuha secara teratur, kemandirian  dalam pelaksanaannya tanpa paksaan, ketaatan terhadap  aturan, dan tanggung jawab dalam menjalankan Shalat  Dhuha sesuai waktu. Hambatan dalam implementasi  karakter ini dapat berasal dari peserta didik, keluarga,  masyarakat, sekolah, dan teman-teman mereka. Solusi  yang dapat diberikan kepada peserta didik adalah  memberikan nasehat dan motivasi tentang perilaku  beragama yang baik serta pentingnya Shalat Dhuha. Hal  ini diharapkan dapat meningkatkan semangat peserta  didik dalam menjalankan Shalat Dhuha.

Keywords


Pendidikan Karakter, shalat dhuha, karakter religious, pembiasaan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.