Pembiasaan Sholat Dhuha Terhadap Pendidikan Karakteristik Religius Peserta Didik Di SD Muhammadiyah Karang Ploso
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk Menjelaskan bagaimana nilai-nilai keagamaan diterapkan melalui praktik pembiasaan Shalat Dhuha kepada siswa di SD Muhammadiyah Karangploso, sambil mengidentifikasi masalah yang timbul dan solusi yang diterapkan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, yang melibatkan proses pengumpulan data melalui pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa semua siswa dan guru di SD Muhammadiyah Karangploso secara teratur melaksanakan Shalat Dhuha setiap pagi Nilai-nilai karakter yang ditekankan meliputi kedisiplinan dalam menjalankan Shalat Dhuha secara teratur, kemandirian dalam pelaksanaannya tanpa paksaan, ketaatan terhadap aturan, dan tanggung jawab dalam menjalankan Shalat Dhuha sesuai waktu. Hambatan dalam implementasi karakter ini dapat berasal dari peserta didik, keluarga, masyarakat, sekolah, dan teman-teman mereka. Solusi yang dapat diberikan kepada peserta didik adalah memberikan nasehat dan motivasi tentang perilaku beragama yang baik serta pentingnya Shalat Dhuha. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan semangat peserta didik dalam menjalankan Shalat Dhuha.
Keywords
Pendidikan Karakter, shalat dhuha, karakter religious, pembiasaan
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.