Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPAS Kelas IV SD Muhammadiyah Kleco

Yuliza Caturina, Sugesty Linda Kuswana, Akhmad Rafi’ Pamungkas, Amrinaa Rosyada, Nur Hidayah, Syafrudin Kurniawan

Abstract


Hasil pembelajaran yang didapatkan oleh peserta didik kelas IV dalam kegiatan pembelajaran dalam kelas terutama saat menggunakan kurikulum terbaru yaitu kerikulum meredeka masihlah tergolong rendah. Perasalahan ini dapat terjadi dikarenakan kurangnya kemampuan peserta didik dalam mengutarakan pendapat yang mereka miliki, malu untuk bertanya pada saat guru menjelaskan materi, serta ada beberapa anak yang susah untuk menerima pendapat orang lain pada saat sesi diskusi sehingga hal in ilah yang menyebabkan hasil belajar anak rendah. Sehingga perlu adanya upaya atau solusi untuk menangani hal ini, salah satunya adalah penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan model pembelajaran berbasis masalah (PjBL) terhadap peningkatan aktivitas dan juga hasil pembelajaran peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Kleco. Penelitian ini menggunakan jenis eksperimen semu dengan desain penelitian kontrol acak saja (randomized control only design). Analisis data eksperimental dilakukan dengan menggunakan uji t, dan temuan dari penelitian ini menunjukkan adanya dampak dari penerapan model pembelajaran PjBL terhadap pencapaian hasil belajar siswa di kelas IV SD Muhammadiyah Kleco.

Keywords


Peserta didik, Kurikulum, Model Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Mayer, R. E. (2005). Cognitive theory of multimedia learning. In R. E. Mayer (Ed.), The Cambridge handbook of multimedia learning (pp. 31–48). New York, NY: Cambridge University Press.

Notes: The 2-letter state abbreviation is required if the item was published in the US. If the item was published outside the US, the country is not included.

Nahdi, D. S., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Materi Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 4 (2), 9-16.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Zuleni, E., & Marfilinda, R. (2022). Pengaruh Motivasi Terhadap Pemahaman Konsep Ilmu Pengetahuan Alam Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 244–250. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.34

Djamaludin, A. & Wardana. (2019).Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Parepare: CV. Kaafah Learning

Fitria, Y. (2018). Progressive Interview Learning Model As Innovation in Improving Students’ Literacy. International Journal of Language and Literature 2(1). https://doi.org/10.23887/ijll.v2i1.16092

Sari, D. P., Hidayati, A., Fitria, Y., & Mudjiran, M. (2018). Effect of Pjbl Model and Preliminary Knowledge on Critical Thinking Skills of Grade Iv Students of Kartika Elementary School 1-11 Kota Padang. International Journal of Educational Dynamics, 1(1), 205–210.

Alawiyah, I., & Sopandi, W. (2015). Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Peristiwa Alam. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(2), 167–176.

Nurhadiyati, A., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 327–333. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.684

Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 350–361. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33

Wijayanto, T., Supriadi, B., & Nuraini, L. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Pendekatan Stem Terhadap Hasil Belajar Siswa Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(3), 113. https://doi.org/10.19184/jpf.v9i3.18561


Refbacks

  • There are currently no refbacks.