Efektivitas Penerapan Shalat Dhuha Terhadap Pembentukan, Penguatan Karakter Siswa MTS Muhammadiyah Kasihan Bantul

Syagiarti Syagiarti, Sutarman Sutarman, Suliki Suliki

Abstract


Pendidikan karakter sedang hangat diperbincangkan dari berbagai lapisan, meninjau penurunan adab, moral/akhlak yang menimpa negeri tercinta, tabiat manusia sudah terlihat seperti tidak memiliki agama, bahkan anjuran-anjuran telah dilupakan. Lembaga pendidikan yang menjadi penopang untuk bisa menumbuhkan moral dan intelektual kini semakin jauh dari tujuan sebenarnya, mulai dari sistem, metode, dan sebab-sebab yang menunjangnya masih kurang tepat. berdasarkan uraian ini maka problematika yang penulis ambil adalah bagaimana penerapan shalat Dhuha dalam pembentukan karakter religius siswa. penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan shalat Dhuha, dan mengetahui nilai-nilai karakter dari shalat Dhuha. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif.  teknik pengumpulan datanya melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. kesimpulan penelitian ini bisa disimpulkan bahwa penerapan shalat Dhuha yang  dan ikhlas baik dalam pembentukan serta penguatan karakter religius siswa yang meliputi aspek kedisiplinan, ketaatan/kepatuhan yang termasuk dalam kategori tinggi. Ditambah lagi dengan kegiatan pendukung seperti pembacaan dzikir, surah ad-dhuha serta at-tin secara bersama.

Keywords


Efektivitas, Sholat Dhuha, Karakter, Siswa

Full Text:

PDF

References


Abdillah, U. I. (2007). Keutamaan dan Keistimewaan; Shalat Tahajud, Shalat Hajat, Shalat Istikharah, Shalat Dhuha. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., Mi, 5–24.

Farhan, M. (2020). Shalat Dhuha Anak Menggunakan Metode Pembiasaan (Lampung, 2020), h.25.

Ika, I., Maspuroh, S., & Milawati, P. (2021). Efektivitas Pelaksanaan Shalat Dhuha Dalam Peningkatan Disiplin Siswa (Penelitian di SMP Insan Kamil Legok, Kabupaten Tangerang). Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(2), 177–187. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i2.4353

Indana, N. (2022). Sholat Dhuha Dalam Peningkatan Akhlak di MI Al-Urwatul Wutsqo Jombang (Studi Analisis Pemuliaan Akhlak Dampak Pandemi). Tasyri’: Jurnal Tarbiyah – Syari’ah Islamiyah, 29(02), 86–95. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Kandiri, K., & Mahmudi, M. (2018). Penerapan Shalat Dhuha Dalam Peningkatan Moral Siswa Di Sekolah. Edupedia, 3(1), 13–22. https://doi.org/10.35316/edupedia.v3i1.316

Munaya, S. (2018). PENGARUH PEMBIASAAN SHALAT DHUHA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KARAKTER SISWA KELAS V DI MI MA’ARIF KADIPATEN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2017/2018.

Nursafitri, V. I. (2019). IMPLEMENTASI PROGRAM SHOLAT DHUHA DALAM PEMBENTUKAN NILAI-NILAI KARAKTER SISWA MI AL ISLAM KARTASURA SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2022/2023 SKRIPSI.

Siregar, V. V., Aflah, N., Fadilah, R., Naemah, Z., Wijaya Panjaitan, D. H., Pratama, H. I., & Arif Nashuha, A. H. (2022). Implementasi Kegiatan Shalat Dhuha dan Tahsin Al-Qur’an dalam Membentuk Karater Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 39–45. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.39501

Siti Nor Hayati. (2017). Manfaat Sholat Dhuha Dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI MAN Purwoasri Kediri Tahun Pelajaran 2014-2015). Spiritualita, 1(1), 43–54. https://doi.org/10.30762/spr.v1i1.640

Umikar, T., Subekti, A., & Qurroti’ayun. (2021). Pembiasaan Sholat Dhuha Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa Madrasah Tsanawiyah Ahmad Yani Jabung-Malang. VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam, 6(4), 124–129.

visi misi Mts Muhammadiyah Kasihan. (n.d.).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.