Implementasi Wordwall pada Pembelajaran Matematika Siswa SMP Muhammadiyah 2 Godean

Alfika Triayuningtiyas, Siti Qoiyah, Soffi Widyanesti Prowantoro, Siti Nurhanifah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali informasi tentang penggunaan wordwall sebagai alat bantu dalam pembelajaran matematika kepada siswa di SMP Muhammadiyah 2 Godean. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi dan angket yang diberikan kepada siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan informasi bahwa implementasi wordwall dapat berdampak positif terhadap pembelajaran matematika bagi siswa. Dengan itu, diharapkan penelitian ini dapat membantu guru di sekolah dalam mengupayakan teknologi inovatif yang dapat diimplementasikan pada pembelajaran matematika

Keywords


Implementasi, Wordwall, Pembelajaran Matematika

Full Text:

PDF

References


Abdul Mun’im Amaly, Muhammad, G., Erihadiana, M., & Zaqiah, Q. Y. (2021). Kecakapan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengoptimalkan Pembelajaran Berbasis Teknologi. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(1), 88–104. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6712

Aidah, N., & Nurafni. (2022). ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI WORDWALL PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV DI SDN CIRACAS 05 PAGI. Jurnal Pendidikan, 11(2).

Al-Qonita, A. S., Aliputri, N. U., & Kinasih, P. P. (2023). LITERATURE REVIEW : EFEKTIVITAS APLIKASI WORDWALL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika IV (Sandika IV, 4, 155–162.

Aprilia, A., & Fitriana, D. N. (2022). Mindset Awal Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika yang Sulit dan Menakutkan. PEDIR: Journal of Elementary Education , 1(2), 28–40. http://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/Pedirjournalelementaryeducation/

Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Fadhillah Akbar, H., & Sofian Hadi, M. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA. Community Development Journal, 4(2), 1653–1660.

Indriyani, F., & Alfarisa, F. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Wordwall Dalam Latihan Harian Matematika Materi Denah dan Skala Terhadap Hasil Belajar Siswa di SDN Menteng 03. Jurnal PERSEDA, V(3), 178–184.

Kurniati, P., Lenora Kelmaskouw, A., Deing, A., & Agus Haryanto, B. (2022). Model

Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa Dan Guru Abad 21. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 408–423.

Maghfiroh, K. (2018). Penggunaan Media Word Wall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV MI Roudlotul Huda. JPK, 4(1), 64–70. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk

Martin, R., & Simanjorang, M. (2022). Pentingnya Peranan Kurikulum yang Sesuai dalam Pendidikan di Indonesia. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 125–134. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.180

Moleong, Lexy J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke-36, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset

Nasaroh, I., Munawaroh, H., & Mulyani, P. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAME WORDWALL UNTUK. Repository Fitk Unsiq.

Nurfauziyah, Sjaifuddin, & Taufik. (2023). PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI BERBASIS WORDWALL PADA TEMA SIAGA BENCANA UNTUK SISWA KELAS VIII SMP. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 8(1), 15–23. https://doi.org/10.31604/eksakta.v8i1.15-23

Nuri Rahmawati, D., Fitrotun Nisa, A., & Astuti, D. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz sebagai Media Penilaian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. 2(1), 2962–746. https://doi.org/10.35878/guru/v2.i1.335


Refbacks

  • There are currently no refbacks.