Analisis Pemahaman Konsep Pada Materi PLSV Siswa Kelas VII di SMPN 13 Yogyakarta

Aqila Saniya Salsabila, Fadila Nur Salsabela, Uus Kusdinar, Erni Hastuti

Abstract


Penulisan artikel ilmiah ini mengangkat tentang analisis pemahaman konsep siswa dalam operasi hitung pada materi persamaan linaer satu variabel (PLSV) yang bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat kepahaman materi siswa serta faktor yang menyebabkan siswa belum memahami konsep materi dalam soal matematika yang berkaitan dengan materi PLSV. Pesertanya adalah siswa-siswi program khusus olahraga SMP Negeri 13 Yogyakarta. Metode penelitian kualitatif deskriptif digunakan. Kelas VII C merupakan kelas olahraga yang unik dimana siswa yang sangat aktif dan harus mencari keseimbangan antara akademik dan olahraga dipilih sebagai sampel penelitian LKPD siswa ini. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa siswa tidak mampu menafsirkan maksud pertanyaan dan membangun model yang tepat untuk menjawabnya. Faktor penyebab terjadinya siswa kesulitan menyelesaikan soal PLSV yaitu siswa kurang memahami materi operasi hitung aljabar, kurang paham siswa untuk mengurutkan langkah penyelesaian, dan kurang teliti terkait dengan tanda positif serta negatif sehingga mengakibatkan kurang tepat pada hasil akhir penyelesaian soal PLSV.

Keywords


pemahaman konsep, kelas khusus olahraga, PLSV

Full Text:

PDF

References


Ariansyah, A., Sugiatno, S., & Bistari, B. (2021). Mengatasi Hambatan Belajar Dalam Materi Plsv Menggunakan Desain Didaktis Dengan Scaffolding Di Smp. Jurnal AlphaEuclidEdu, 2(2), 147. https://doi.org/10.26418/ja.v2i2.42869

Graph, N. (2021). J urnal P endidikan F isika T adulako O nline TERHADAP GRAFIK NUMERIK GLB-GLBB Numerical Graph. 9(December), 108–112.

Hardiyana, B. (2016). Alat Bantu Pembelajaran Persamaan Linear Satu Variabel ( PLSV ) Dalam Menentukan Bentuk Setara Dan Akar Penyelesaian PLSV. Jurnal Manajemen Informatika, 6(2), 63–71.

Imelda Verina, D. (n.d.). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Kelas VIII Pada Topik Persegi Panjang.

Komarudin, S. (2023). Perbedaan Pemahaman Siswa Kelas Khusus Olahraga Dan Siswa Kelas Reguler Dalam Mata Pelajaran Pjok Permainan Bola Besar Kelas Viii Smp Negeri 1 Saptosari.

Nafii, A. Y. (2017). Pemahaman Siswa SMP terhadap Konsep Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV) Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 119–125. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.10259

Nurrahmah, A., & Nurfitriyanti, M. (2023). Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Berpikir Probabilistik Ditinjau Dari. 7(1), 119–130. https://doi.org/10.36526/tr.v

Rabbani, S., Tussa’adah, M. M., & Novriyanti, R. B. (2021). Pembelajaran Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Menggunakan Media Ular Tangga Berkartu Di Masa Pandemic COVID-19 Melalui Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi P2M STKIP Siliwangi, 8(1), 46–57.

Rachmawati, D., & Hidayati, D. (2023). Implementasi Sistem Informasi Akademik berbasis Aplikasi Google Classroom Pada Kelas Khusus Olahraga di SMA Muhammadiyah 2 Boja Kendal. 9(3), 1962–1971. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.5767/http

Rayhan, A., & Sudihartinih, E. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Smp Pada Pemahaman Konsep Persamaan Linear Satu Variabel (Plsv). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 334–346. https://doi.org/10.20527/edumat.v10i2.10631

Rohimah, S. M. (2017). Analisis Learning Obstacles Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v10i1.1293

Sartika, C. D. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Kelas V Ditinjau Dari Gaya Belajar Dan Jenis Kelamin. Skripsi, 1, 1–80.

Unaenah, E., & Sumantri, M. S. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Pada Materi Pecahan. Jurnal Basicedu, 3(1), 106–111. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.78


Refbacks

  • There are currently no refbacks.