Pengaruh Aspek Afektif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP N 1 Sleman

Dellyana Shinta, Giska Amalia, Soffi Widyanesti Prowantoro, Danu Jati Pradipta

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana elemen afektif mempengaruhi hasil belajar matematika siswa di SMP N 1 Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Seluruh siswa di SMP N 1 Sleman adalah subjek penelitian ini. Selanjutnya, sampel penelitian ini terdiri dari siswa kelas VIII, yang dipilih secara random, dengan 33 siswa dari kelas VIII-B. Analisis data dilakukan menggunakan regresi sederhana. Studi ini menemukan bahwa ada pengaruh antara elemen afektif terhadap kemampuan matematika siswa; keduanya memiliki korelasi yang positif. Siswa SMP N 1 Sleman memiliki hasil belajar matematika sebesar 14% dipengaruhi oleh komponen afektif.

Keywords


Pengaruh, Aspek Afektif, Hasil Belajar, SMP N 1 Sleman, PLP 2

Full Text:

PDF

References


Alifah, F. N. (2019). Pengembangan Strategi Pembelajaran Afektif. Tadrib, 5(1), 68–86. https://doi.org/10.19109/tadrib.v5i1.2587

Tasya, N., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomedika, 660–662.

Widiati, Sridana, N., Kurniati, N., & Amrullah, A. (2022). Pengaruh Minat Belajar dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(4), 885–892. https://doi.org/10.29303/griya.v2i4.240

Tasya, N., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomedika, 660–662.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.