Analisis Kesalahan Peserta Didik SMP Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Masalah Soal Matematika Di SMP N 9 Yogyakarta
Abstract
Abstrak
Penelitian yang sedang kami lakukan yaitu penelitian deskriptif kualitatif berguna untuk mengetahui tingkat kemampuan yang dimiliki peserta didik dalam meneyelesaikan soal matematika berbentuk cerita yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari hari pada pokok pembahasan materi (SPLDV). Subjek dari penelitian ini menggunakan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 9 Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini berupa : 1. Kesalahan yang dilakukan peserta didik adalah : peserta didik salah mengubah informasi yang diberikan ke dalam matematika, peserta didik kesulitan untuk menentukan rumus, peserta didik salam konsep matematika, kesalahan dalam melakukan perhitungan, dan lupa memberikan kesimpulan; 2. Alasan peserta didik melakukan kesalahan berupa : peserta didik kurang memperhatikan soal, kurang teliti,dan peserta didik belum Mengerti bagaimana proses mengubah soal cerita ke bentuk model matematika.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Dikti.
Syafina, V., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada materi SPLDV. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2).
Agustin, R. A., & Sutama, M. P. (2019). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Berorientasi Pisa dengan Konten Change …. eprints.ums.ac.id. https://eprints.ums.ac.id/id/eprint/72478
Annisa, R., & Kartini, K. (2021). Analisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal barisan dan deret aritmatika menggunakan tahapan kesalahan Newman. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. https://www.j cup.org/index.php/cendekia/article/view/506
Halim, F. A., & Rasidah, N. I. (2019). Analisis Kesalahan Peserta didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial Berdasarkan Prosedur Newman. … : Jurnal Pendidikan Matematika. http://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/gauss/article/view/1406
Hariyanto, D. (2019). Analisis Kesalahan Berdasarkan Teori Newman dengan Pemberian Scaffolding pada Materi SPLDV Peserta didik Kelas VIII SMP. repository.uksw.edu. https://repository.uksw.edu/handle/123456789/21473
Hidayah, S. (2016). Analisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita spldv berdasarkan langkah penyelesaian polya. In … Seminar Nasional Pendidikan Matematika. repository.unikama.ac.id. https://repository.unikama.ac.id/840/22/182-190 ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SPLDV BERDASARKAN LANGKAH PENYELESAIAN POLYA.pdf
Ilmiyah, L., Purnama, S., & ... (2018). Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. … Pendidikan Dasar Islam. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/105-115
Sari, S. M., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta didik ditinjau dari Self-Concept.
Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 71–77. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.22717
Sunardiningsih, G. W., Hariyani, S., & Fayeldi, T. (2019). Analisis Kesalahan Peserta didik Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Analisis Newman. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(2), 41–45. https://doi.org/10.21067/jtst.v1i2.3447
Wibawa, K. A., Mithia, N., & ... (2023). Analisis kesalahan berdasarkan prosedur newman dalam menyelesaikan soal cerita SPLDV ditinjau dari gaya belajar. … -Pi: Jurnal Matematika Dan …. http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/3832/
Refbacks
- There are currently no refbacks.