Analisis Kesalahan Umum Dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Pecahan Ditinjau Dari Teori Newman
Vina Monica, Nabila Atika Fauzia, Larasati Larasati, Soffi Widyanesti Prowantoro, Febriana Putri Hutami
Abstract
Penelitian ininbertujuan untuknmendeskripsikan kesalahan umum yang dilakukannpeserta didik dalam melakukan operasi hitung bilangan pecahan terutama dalam membandingkan bilangan pecahan. Untuk itu diperlukannanalisis terhadap kesalahan-kesalahan yang dilakukannpeserta didik. Subjek pada penelitian ini yaitu tiga siswa SMP Muhammadiyah 1 Godean yang diambil setelah memenuhi syarat dari pemilihan subjek penelitian. Metode tes dan observasi menjadi metode dalam pengumpulan datanya. Tekniknanalisis data yang digunakan dalamnpenelitian ini adalah teori newman, yang mana terdapat 5 tahapan, yaitu: (1) Tahap membaca, (2) Tahap memahami, (3) Tahap transformasi, (4) Tahap keterampilan proses, dan (5) Tahap Penulisan Jawaban. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa letak kesalahan yang dilakukan peserta didik pada umumnya yaitu: (1) Kesalahan membaca dan memahami soal, (2) Kesalahan dalam membaca simbol perbandingan matematika, (3) Kesalahan dalam mengubah bentuk gambar yang disajikan ke bilangan pecahan, dan (4) Kesalahan dalam menghitung nilai KPK antara dua penyebut.
Keywords
Analisis kesalahan, membandingkan pecahan, teori Newman
References
DEAS, H. D. (1960). ‘What Is Mathematics?’ Higher Education Quarterly, 14(1), 35–41. https://doi.org/10.1111/j.1468-2273.1960.tb01726.x
Haryati, Suyitno, & Junaedi. (2016). Analisis kesalahan siswa smp kelas vii dalam menyelesaikan soal cerita Pemecahan masalah berdasar prosedur newman. Unnes Journal of Mathematics Education (UJME), 5(1), 8–15. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme
Mahmudah, W. (2018). Analysis of Student Errors in Solving Hots Type Math Problems Based on Newman’s Theory. Jurnal UJMC, 4(1), 49–56.
Syahril, R. F., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Objek Matematika pada Materi Barisan dan Deret di Kelas XI SMA/MA. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2816–2825. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.766
Refbacks
- There are currently no refbacks.