Urgensi Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Ismuba Di SMP Muhammadiyah 2 Kalasan

Annisa Aulia, Natyanisa Satriafitri, Fandi Akhmad, Yusuf Rasikh

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan teknologi dalam pembelajaran ISMUBA di SMP Muhammadiyah 2 Kalasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian berbasis observasi lapangan secara langsung. Pembelajaran ISMUBA di SMP Muhammadiyah 2 Kalasan sering dilakukan dengan memanfaatkan teknologi terkini. Para guru mengandalkan internet dan aplikasi Microsoft dalam menunjang pembelajaran. Rata-rata guru menggunakan media Power Point, YouTube, dan Google. Pada penelitian ini ditemukan bahwa para siswa lebih menyukai pembelajaran menggunakan gawai sedangkan siswa lain lebih menyukai pembelajaran menggunakan buku. Peserta didik juga menyukai pembelajaran menggunakan games di internet karena mereka dapat memahami materi dengan baik.

Keywords


Teknologi, Pembelajaran, ISMUBA

Full Text:

PDF

References


Ajizah, I. (2021). Urgensi Teknologi Pendidikan : Analisis Kelebihan Dan Kekurangan Teknologi Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0. Journal of Chemical Information and Modeling, 4(1), 25–36.

Akbar, A., & Noviani, N. (2019). Tantangan dan Solusi dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 2(1), 18–25.

Ali, M. (2021). Prodi Magister Pendidikan Islam, Universitas Muhammadiyah Surabaya. Studia Realigia Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), 279–291.

Cowel, R. . (1998). Buku pegangan para penulis paket pelajar. Depedikbud.

Fania, G. I., Khasanah, R. N., Salsabila, U. H., Azizah, R. H., & Listiyani, A. (2021). Urgensi Teknologi Pendidikan Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(2), 575–590.

https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i2.320

Haris Budiman. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31–43.

Jamun. (2016). Desain Aplikasi Pembelajaran Peta NTT Berbasis Multimedia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 8(1), 144–150.

Marryono Jamun, Y. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(1), 1–136.

R.Cepi. (2011). Peranan Teknologi Dalam Pembelajaran Cepi. Revue de Medecine Interne, 32(3), 1.

Suliswiyadi. (2013). Pembelajaran Al-Islam Reflektif. UMMgl Press.

Suryadi, E., Ginanjar, M. H., & Priyatna, M. (2018). Penggunaan Sosial Media Whatsapp Pengaruhnya Terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Di SMK Analis Kimia YKPI Bogor). Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 7(01), 1. https://doi.org/10.30868/ei.v7i01.211

WIBOWO, S. S. (2017). Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Al-Islam, Kemuhammadiyahan, Dan Bahasa Arab (ISMUBA) Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Purbalingga. Iain Purwokerto.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.