Pemanfaatan YouTube sebagai Media Pembelajaran Teks Deskripsi Kelas VII B SMP N 3 Sewon

Mila Nurpiani, Fitri Merawati, Rosna Hermawan

Abstract


Tujuan studi ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan YouTube untuk mengajar teks deskripsi kelas VII B SMP N 3 Sewon Bantul. Jenis studi ini bersifat kuantitatif. Observasi dan penyebaran kuesioner dipakai dengan skala likert 1 sampai 4. Hasil penggunaan alat YouTube dalam pembelajaran teks deskripsi oleh guru memberikan hasil yang baik: 75%  untuk aspek pendahuluan, 83% untuk aspek kegiatan inti, dan 75% untuk aspek penutup. Sementara itu, hasil respon peserta didik menunjukkan kriteria “memenuhi” dan tingkat ketercapaian 3,1. Berlandaskan uraian di atas disimpulkan bahwa YouTube dapat menjadi sarana pengajaran teks deskripsi yang efektif dan memenuhi kebutuhan belajar peserta didik

Keywords


Pemanfaatan YouTube, Media Pembelajaran, Pembelajaran Teks Deskripsi

Full Text:

PDF

References


Agustin, R., Nurmalina, N., & Noviardila, I. (2021). Peranan Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 019 Tanjung Sawit Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar Pembelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 71-79.

Ariyana, A., Ramdhani, I. S., & Sumiyani, S. (2020). Merdeka Belajar melalui penggunaan media audio visual pada pembelajaran Menulis Teks Deskripsi. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 3(2), 356-370.

Audie, N. (2019, May). Peran media pembelajaran meningkatkan hasil belajar peserta didik. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 586-595).

Apriliani, E. A. (2023). Pengembangan Media Audiovisual dalam Menulis Teks Deskripsi Peserta Didik Kelas VII SMP Berdasarkan Kurikulum Merdeka (Doctoral dissertation, Universitas Islam Malang).

Lestari, R. (2017). Pengunaan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2.

Nurfadhillah, S. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. CV Jejak (Jejak Publisher).

Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.

Rindayati, E., Putri, C. A. D., & Damariswara, R. (2022). Kesulitan calon pendidik dalam mengembangkan perangkat pembelajaran pada kurikulum merdeka. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 18-27.

Tohari, H., & Bachri, B. S. (2019). Pengaruh penggunaan youtube terhadap motivasi belajar dan hasil belajar mahasiswa. Kwangsan, 7(1), 286906.

Utomo, A. P. Y., Safitri, A. N., & Mubarok, S. (2023). Pemanfaatan YouTube untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Eksplanasi di SMP. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(2), 45-59.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.