Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 8 SMPN 1 Kasihan Bantul

Rahmad Erda Catur Wibawa, Denik Wirawati, Siti Sri Jayati

Abstract


Pendidikan adalah hal terpenting yang harus dimiliki oleh setiap individu. Pendidikan merupakan bidang yang bergerak untuk membentuk pengetahuan, keterampilan, dan karakteristik individu dengan baik. Saat ini terobosan baru yang telah memasuki ranah pendidikan dan direncanakan oleh Bapak Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yaitu mengenai konsep Merdeka Belajar atau Kurikulum Merdeka. Tujuan artikel ini adalah menganalisis penerapan Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII SMPN 1 Kasihan Bantul. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data ialah observasi atau pengamatan langsung di lapangan. Hasil dari observasi adalah Implementasi Kurikulum Merdeka untuk saat ini lebih tepat diterapkan terhadap siswa yang lebih besar (SMA/SMK maupun mahasiswa), karena untuk kelas VII dan VIII masih butuh pembimbingan karakter atau kemandirian.

Keywords


Kurikulum Merdeka, Pembelajaran, Bahasa Indonesia, SMPN

Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980.

Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877-5889.

Azzahra, I., Nurhasanah, A., & Hermawati, E. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran IPAS di SDN 4 Purwawinangun. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 6230-6238.

Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Rosdiana, S. P., & Fatirul, A. N. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(02), 56-67.

Marisa, M. (2021). Inovasi kurikulum “Merdeka Belajar” di era society 5.0. Santhet: Jurnal Sejarah, Pendidikan, Dan Humaniora, 5(1), 66-78.

Priantini, D. A. M. M. O., Suarni, N. K., & Adnyana, I. K. S. (2022). Analisis kurikulum merdeka dan platform merdeka belajar untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), 238-244.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal basicedu, 6(4), 6313-6319.

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret kurikulum merdeka, wujud merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174-7187.

Suryaman, M. (2020, October). Orientasi pengembangan kurikulum merdeka belajar. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra (pp. 13-28).

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum merdeka belajar kampus merdeka: Sebuah kajian literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185-201.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.