Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas 10 SMAN 1 Jetis

Rizky Ardiansyah, Ardi Kurniawan, Yuni Catur Putri

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan atau implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas X4 SMAN 1 Jetis. Metode yang dimanfaatkan dalam artikel ini adalah deskriptif kualitatif dengan memanfaatkan siswa di kelas X4 SMAN 1 Jetis, Bantul, Yogyakarta, yang berjumlah 32 siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas. Observasi dan pengamatan secara langsung serta memanfaatkan berbagai artikel yang telah ada dan memiliki keterkaitan dengan judul penelitian ini adalah metode pengumpulan data yang diaplikasikan. Sementara itu, lembar observasi dan dokumentasi menjadi alat atau instrumen yang dimanfaatkan. Hasilnya adalah penerapan Kurikulum Merdeka pada siswa dapat memberikan pengalaman dan kemampuan mereka dalam menyelesaikan masalah. Selain itu, melalui pelaksanaan kegiatan P5 siswa mendapatkan kesempatan untuk belajar dengan lebih tenang, bebas, dan menyenangkan.

Keywords


Pembelajaran, Kurikulum Merdeka, Bahasa Indonesia. Implementasi, SMA

Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980.

Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877-5889.

Azzahra, I., Nurhasanah, A., & Hermawati, E. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran IPAS di SDN 4 Purwawinangun. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 6230-6238.

Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Rosdiana, S. P., & Fatirul, A. N. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(02), 56-67.

Marisa, M. (2021). Inovasi kurikulum “Merdeka Belajar” di era society 5.0. Santhet: Jurnal Sejarah, Pendidikan, Dan Humaniora, 5(1), 66-78.

Novrita Suryani, M. M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 1.

Priantini, D. A. M. M. O., Suarni, N. K., & Adnyana, I. K. S. (2022). Analisis kurikulum merdeka dan platform merdeka belajar untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), 238-244.

Pristiwanti, D., Badaria, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, 3.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, 2

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah

Penggerak. Jurnal basicedu, 6(4), 6313-6319 Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret kurikulum merdeka, wujud merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174-7187.

Suryaman, M. (2020, October). Orientasi pengembangan kurikulum merdeka belajar. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra (pp. 13-28).

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum merdeka belajar kampus merdeka: Sebuah kajian literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185-201.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.