Pemanfaatan You-tube sebagai Media Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kelas XI di SMA Negeri 1 Sewon
Abstract
Tujuan observasi ini guna memaparkan atau menggambarkan penggunaan media You-tube sebagai penguatan profil pelajar Pancasila kelas XI di SMA Negeri 1 Sewon. Metode yang digunakan adalah metode observasi kualitatif dengan populasi sampel peserta didik kelas XI.4 di SMA Negeri 1 Sewon, Bantul, Yogyakarta, yang berjumlah 36 peserta didik, dan mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas. Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan observasi atau pengamatan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil observasi adalah penggunaan efektif media You-tube sebagai penguatan profil pelajar Pancasila karena disetiap video memuat beberapa karakteristik dimensi profil pelajar Pancasila yang dapat ditanamkan sebagai penguat karakter profil pelajar Pancasila pada masing-masing peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan media dalam pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104-117.
Hasanah, H. (2017). Teknik-teknik observasi (sebuah alternatif metode pengumpulan data kualitatif ilmu-ilmu sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21-46.
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238.
Mahendra, M. R. (2020). Youtube Sebagai Media Pembelajaran. Vocational Education of Building Construction, University of Jakarta, Jakarta, May, 1-4.
Mulyanti, M., & Hidayati, D. (2023). Pemanfaatan Media Creative Center dalam Penguatan Proyek Profil Pelajar Pancasila di Kota Bandung. Academy of Education Journal, 14(2), 667-681.
Suwarto, S., Muzaki, A., & Muhtarom, M. (2021). Pemanfaatan media youtube sebagai media pembelajaran pada siswa kelas XII MIPA di SMA Negeri 1 Tawangsari. Media penelitian pendidikan: jurnal penelitian dalam bidang pendidikan dan pengajaran, 15(1), 26-30.
Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila sebagai upaya menguatkan karakter peserta didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 116-132.
Wahyuni, T., Darsinah, D., & Wafroturrahmah, W. (2023). Inovasi Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka dimensi Kreatif. Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(1), 79-86.
Widianto, E. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213-224.
Wulandari, S. F. (2013). Implementasi Penggunaan Media Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 18 Palu. BAHASA DAN SASTRA, 2(1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.