Pengalaman Mahasiswa dalam Observasi Sekolah di SMP N 04 Sewon Bantul

Suparmi Sofiatin, Hasrul Rahman, Haris Abdul Wasik

Abstract


Tujuan dari penelitian dan observasi ini untuk mengetahui latar belakang sekolah, pengalaman pengamatan dan kontribusi mahasiswa , tema/temuan utama, perspektif pendidikan, dan refleksi pribadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan metode observasi yang dilakukan secara langsung dilapangan, observasi terhadap sekolah dan guru yang mengampu mata pelajaran sesuai dengan program studi pendidikan yang ditempuh  mahasiswa. Observasi yang dilakukan meliputi kultur sekolah, visi dan misi sekolah, kegiatan ekstrakulikuler sekolah, dan pembelajaran yang ada di kelas.Setelah melihat apa yang terjadi di lapangan secara langsung, maka kita sebagai mahasiswa yang nantinya akan mengajar di dalam kelas, kita di tuntut selain bisa menciptakan kondisi kelas yang kondusif dan menyenangkan, kita juga harus bisa memahami dan menguasai materi maupun kurikulum yang ada. Supaya para peserta didik bisa memahami materi yang telah disampaikan. Media pembelajaran dalam kurikulum merdeka juga bisa membantu peserta didik untuk memahami materi, media yang menarik maka peserta didik juga akan mampu mengikuti materi yang ada.. Calon tenaga pendidik harus bisa menciptakan lingkungan yang nyaman dalam pembelajaran dan mampu memberikan gagasan yang menarik melalui media pembelajaran yang menarik pula, sehingga para peserta didik dapat belajar dengan nyaman dan menyenangkan. Mereka dapat menerima materi dengan baik dari para guru.

Keywords


Meningkatkan, Karakter, Disiplin

Full Text:

PDF

References


Asril, Z., (2012), Micro Teaching Disertai dengan Pedoman Pengalaman Lapangan, Jakarta: Rajawali Pers.

Enda, Ama. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Jounar, 5(2), 93-196.

Mulyasa, E., (2008), Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution. (2013). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Samani, Muchlas dan Hariyanto. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosda Karya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.