Pemanfaatan Media Canva dalam Pembuatan Poster pada Teks Persuasi

Wulan Sofiyati, Iis Suwartini, Pius Grastian Setia Nugraha

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan terkait pemanfaatan media canva dalam membuat poster pada pembelajaran teks persuasi. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teori berlandasan pada kefokusan penelitian yang sesuai dengan kenyataan di lapangan. Adapun masalah yang dibahas yaitu: 1) Kelemahan peserta didik dalam membuat judul poster pada pembelajaran teks persuasi, 2) Kelemahan peserta didik dalam mendesain poster, dan 3) Kerendahan peserta didik saat memahami isi poster yang telah dibuat. Kesimpulan pada kegiatan observasi adalah pentingnya media pembelajaran saat proses belajar mengajar serta peningkatan pada kegiatan literasi bagi peserta didik.

Keywords


Pemanfaatan Media Canva, Media Pembelajaran, Pembelajaran Teks Persuasi, Pengaruh Poster

Full Text:

PDF

References


Amir, N., & Tressyalina. (2023). Prinsip Kesantunan Berbahasa dalam Kolom Komentar Kanal Youtube Metrotvnews dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Teks Persuasi. Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 100-114.

Anam, A., Hilaliyah, H., & Subianto, I. B. (2022). Penggunaan Poster Sebagai Alternatif Sosialisasi Padanan Istilah Bahasa Indonesia Di Rw 03 Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo, Kota Depok. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 126. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i2.11099

Anggraeny, F. T., Wahanani, H. E., Akbar, F. A., Raharjo, M. I. P., & Rizkyando, S. (2021). Peningkatan Ketrampilan Kreativitas Desain Grafis Digital Siswa SMU Menggunakan Aplikasi CANVA pada Ponsel Pintar. Journal of Approriate Technology for Community Services, 2(2), 86–91. https://doi.org/10.20885/jattec.vol2.iss2.art5

Lembang, A. K., Widayanti, L., Rahayu, W. A., Riska, S. Y., & Spoetra, Y. A. (2021). 813-Teks Artikel-2597-1-10-20211102 (1). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 91–102. https://jurnal.stie.asia.ac.id/index.php/jpm/article/view/813/219

Masfufah, R. A., Muyasyaroh, L. K., Maharani, D., Saputra, T. D., Astrianto, F., & Dayu, D. P. K. (2022). Media Pembelajaran Canva untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, Dan Pendidikan Dasar 2 (SENSASEDA) 2, 2(November), 347–352.

Nurhayatin, T., Rustandi, A., Nugraha, E., & Kusmini, A. (2021). Penerapan Metode Cooperative Learning Dalam Pembelajaran Menulis Teks Iklan, Slogan, Dan Poster Untuk Peningkatan Aktivitas Dan Kreativitas Siswa Kelas Viii Smp Pasundan 2 Bandung. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(2), 334–353. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i2.156

Octavia, W. A. H., Satrijono, H., Hutama, F. S., Haidar, D. A., & Rukmana, L. P. (2020). Keterampilan Menulis Karangan Persuasi Siswa Dalam Pembelajaran Think Talk Write dengan Media Poster. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(2), 169–186. https://doi.org/10.35719/educare.v1i2.15

Purnomo, M. E., Nurhayati, Saripudin, A., & Sari, A. (2020). Pengembangan Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Sastra : Pendampingan bagi Guru Bahasa Indonesia SMP, SMA, dan SMK di Kota Pagaralam. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(3), 683.

Putri, B. I. N. W., Sutrimah, S., & Hasanudin, C. (2020). Discovery learning dengan memanfaatkan kemasan kudapan: Analisis keterampilan menulis teks persuasi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 8(2), 143–151. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i2.3375

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074


Refbacks

  • There are currently no refbacks.