Implementasi Metode Problem Based Learning pada Pembelajaran Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta

Rahma Nur Wijayanti, Triwati Rahayu

Abstract


Metode pembelajaran problem based learning (PBL) adalah sebuah pembelajaran berbasis masalah sebagai suatu konteks bagi siswa untuk mengasah cara berpikir kritis. Selain itu, pemecahan masalah dapat digunakan  untuk mendapatkan pengetahuan dan konsep yang esensial dari materi pelajaran. Metode pembelajaran ini telah diterapkan dalam pembelajaran teks laporan hasil observasi (LHO) kelas x SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi metode PBL dalam pembelajaran teks LHO.

Keywords


Implementasi; PBL; LHO

Full Text:

PDF

References


Annisa Mayasari, O. A. (2020). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 170-173.

Herdiansyah, K. (2018). Pengembangan LKPD berbasis model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berfikir Kritis. 27- 31.

Narsa, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Materi Menulis Teks Cerita Fantasi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Baseed Learning. Journal of education action research, 166-168.

Ni Luh Gede Riwan Putri Bintari, I. N. (2014). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Pendekatan Saintifik (Problem Based Learning) sesuai kurikulum 2013 di kelas VII SMP Negeri 2 Amlapura.

Nur'aini oktaviyanti, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP (Implementation of independent Curiculum in Learning Indonesian Language in Junior High School). Jurnal Anufa, 60-67.

Nursidik, D. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran Menulis Laporan Hasil Observasi dan Dampaknya terhadap kemampuan berpikir kritiis peserta didik SMPN 2 Kalipucang. 170-181.

Rahmayanti, E. (2017). Penerapan Problem Based Learning dalam meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas XI SMA. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III, (pp. 244-247). Yogyakarta.

Riyansyah, F. S. (2020). Analisis Deskripsi Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 03 Simpenan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , 34-37.

Subandi. (2011). Deskripsi Kualitatif sebagai satu metode dalam penelitian pertunjukkan. Harmonia 11(2), 176-178.

Suyanto, W. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal pendidikan vokasi, 126- 140.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.