Penumbuhan Kemampuan Problem Solving Siswa Kelas VII SMPN 3 Banguntapan Menggunakan Problem Based Learning

Yoga Pranaseta Wibowo, Triwati Rahayu, Novitra Sulistyanda Prinanggalih

Abstract


Tujuan artikel penumbuhan kemampuan problem solving siswa kelas VII SMP 3 Banguntapan menggunakan problem based learning untuk menjelaskan tentang pengaruh model pembelajaran ini untuk menumbuhkan serta meningkatkan  kemahiran siswa agar dapat memecahkan sebuah masalah. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu  observasi kualitatif. Metode ini menggunakan peserta didik sebagai objek yang diteliti. Dan dalam mengumpulkan data untuk bahan penelitian menggunakan observasi pengamatan. Hasil observasi adalah penggunaan model pembelajaran PBLcukup efektif digunakan untuk penumbuhan kemampuan problem solving serta dapat mengetahui kecepatan pemahaman pada setiap siswa kelas VII SMPN 3 Banguntapan.

Keywords


Penumbuhan Kemampuan; Problem; Solving; Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Abbas, N. (2000). Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Instruction) Dalam Pembelajran Matematika Di SMU. http://www.depdiknas.go.id/jurnal

Bakhtiar, Amsal. 2004. Filsafat Ilmu. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Fitri, M., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Keterampilan Abad 21 Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Gantang,5(1), 77–85. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1609

Ibnu Aji Setyawan, S.Pd. (2018) Model Pembelajaran PBL : Pengertian Ciri-ciri Kelebihan Kekurangan dan Langkah Lengkapnya, diakses dari https://gurudigital.id/model-pembelajaran-pbl-pengertian-ciri-ciri-kelebihankekurangan-langkah/

Murdiyanto, E. (2020). PENELITIAN KUALITATIF. 19.

Sanjaya, Ade dalam http://adesanjaya.blogspot.com/2011/03/pengertian-problemsolving, diakses 21 Agustus 2023

Solso, R. L., Maclin, O. H., & Maclin, M. K. (2007).Psikologi kognitif.Jakarta: Penerbit Erlangga.Alih bahasa; M. Rahardanto & K. Batuadji, S. Psi.,

Suharnan.(2005). Psikologi Kognitif.Surabaya: Srikandi

Suryani, S. H. (2018). BUKU MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL). 20.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.