Dampak Pemangkasan Materi PAI dalam Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 12 Yogyakarta

Majelis Rena Tobasa, Faniya Nurul Rohmah, Sefi Fifit Fardana, Siti Nur Azizah, Tri Yaumil Falikah, Mat Suef

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak pengurangan jam pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam kurikulum merdeka di SMP Negeri 12 Yogyakarta. Penelitian ini memiliki ruang lingkup yang mencakup analisis terhadap perubahan kurikulum, pemangkasan materi PAI, dampaknya pada pemahaman agama siswa, serta upaya yang diambil oleh sekolah untuk mengatasi perubahan ini. Metode penelitian ini melibatkan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dengan guru PAI, siswa, dan kepala sekolah, serta analisis dokumen terkait kurikulum. Data-data ini kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengurangan jam pelajaran PAI telah mengakibatkan pemangkasan materi dan berdampak pada pemahaman agama yang kurang mendalam. Namun, sekolah telah mengambil langkah-langkah seperti program madrasah Qur'an untuk membantu siswa yang belum lancar membaca Al-Qur'an.


Keywords


kurikulum; pengurangan; pelajaran

Full Text:

PDF PDF

References


Aladdiin, H. M. F., & Ps, A. M. B. K. (2019). Peran Materi Pendidikan Agama Islam di Sekolah dalam Membentuk Karakter Kebangsaan. Jurnal Penelitian Medan Agama, 10(2).

Anekasari, R. (2017). Pendidikan Akhlak Sebagai Ruh Pendidikan Islam. HIKMATUNA: Journal for Integrative Islamic Studies, 3(1), 91–115.

Anwar, S. (2016). Peran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter bangsa. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 157–170.

Aulia, V. N. (2023). Metode Iqro’Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini. Al Jayyid: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 91–101.

Azhari, D. S., & Mustapa, M. (2021). Konsep Pendidikan Islam Menurut Imam Al-Ghazali. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 4(2), 271–278. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i2.2865

Barlian, U. C., & Solekah, S. (2022). Implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105–2118.

Basa’ad, T. (2017). Membudayakan Pendidikan Al-Qur’an. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 7(2).

Darise, G. N. (2021). Pendidikan Agama Islam Dalam Konteks “Merdeka Belajar.” Journal of Islamic Education: The Teacher of Civilization, 2(2).

Hamali, S. (2017). Agama dalam Perspektif Sosiologis. Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama, 12(2), 223–244.

Ihsan, M. (2022). Kesiapan Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Tugas Mata Kuliah Mahasiswa, 37–46.

Khusna, N. (2016). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Karakter Anti Korupsi. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 8(2), 173–200.

Lubis, A. (2018). Sekolah Islam terpadu dalam sejarah pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal penelitian sejarah dan budaya, 4(2), 1077–1095.

Maros, F., Elitear, J., Tambunan, A., Koto, E., Kominfo, K., Iii, A., & Utara, U. S. (2016). Penelitian Lapangan (Field Research) pada Metode Kualitatif.

Mayasari, A., Arusliadi, H., & Rahmattullah, M. (2023). Analisis Persepsi Peserta Didik Kelas X Pada Pembelajaran Ekonomi Terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di SMA Negeri 4 Banjarmasin: Analysis of the perseptions of class X students in economics learning on application of the independent learning curriculum at SMA Negeri 4 Banjarmasin. PROSPEK, 2(2), 134–141.

Nabila, N. (2021). Tujuan Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(05), 867–875.

Nurzakiyah, C. (2018). Literasi Agama Sebagai Alternatif Pendidikan Moral. Jurnal Penelitian Agama, 19(2), 20–29.

Ramadhan, I., & Warneri, W. (2023). Migrasi Kurikulum: Kurikulum 2013 Menuju Kurikulum Merdeka pada SMA Swasta Kapuas Pontianak. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 751–758.

Rifa’i, A., Asih, N. E. K., & Fatmawati, D. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran PAI Di Sekolah. Jurnal Syntax Admiration, 3(8), 1006–1013.

Ruliyana, N. U. (2011). Pemahaman Pendidikan Agama Islam Dan Pengaruhnya Dalam Ketaatan Menjalankan Ajaran Agama Islam Siswa Di Smp Negeri 5 Tangerang. 205011000308, 1–3.

Setiawan, E. (2017). Konsep Pendidikan Akhlak Anak Perspektif Imam Al Ghazali. Jurnal kependidikan, 5(1), 43–54.

Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34–41.

Sufyadi, S., Harjatanaya, T. Y., Adiprima, P., Satria, M. R., Andiarti, A., & Herutami, I. (2021). Panduan pengembangan projek penguatan profil pelajar pancasila. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Utomo, S. F. P., Aisyah, P. S., & Andika, G. T. (2021). Efektifitas Terapi Qur’anic Healing Terhadap Halusinasi Pendengaran Pada Skizofrenia. Jurnal Keperawatan’Aisyiyah, 8(1), 77–85.

Wahono, M. (2018). Pendidikan Karakter: Suatu Kebutuhan Bagi Mahasiswa di Era Milenial. Integralistik, 29(2), 145–151.

Yusro, N., & Hajjah Ristianti, D. (2023). Implementasi Program Tahsin Dalam Meningkatkan Minat Dan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Rejang Lebong. Institut Agama Islam Negeri Curup.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.