Strategi Pembentukan Karakter Religius Terhadap Peserta Didik Di SMK Muhammadiyah 01 Wates

Muhammad Hafidhdin, Olvy Mailandari, Eviana Agustin, Muhammad Afif Nur Tajuddin, Muhammad Alif Kurniawan, Agus Mirwanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi pembentukan karakter religius siswa yang dikembangkan di SMK Muhammadiyah 1 Wates. Deskriptif kualitatif merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, serta dokumentasi. Model hubermen dan miles digunakan dalam teknik menganalisis data. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa strategi pembentukan karakter religius dari aspek Illahiyah atau sholat dengan pembiasaan sholat berjamaah di masjid baik sholat dhuha (Sunnah) maupun dzuhur (wajib). Khusus hari jumat siswa dan siswi yang tidak berhalangan melakukan sholat jumat di masjid untuk yang berhalangan akan mendapat kajian keputrian yang di isi oleh guru ISMUBA perempuan. Setiap selesai jamaah sholat dzuhur imam selalu membacakan hadist berserta artinya dan setelah selesai sholat dhuha selalu melakukan doa bersama yang dipimpin oleh imam. Untuk infak sekolah membiasakan infak rutin setiap hari jumat. Untuk aspek silaturahmi selalu diadakan piket pagi dimana guru menyambut dan mengucap salam kepada siswa setiap pagi di pintu masuk selain untuk menjalin silaturahmi piket pagi ini bertujuan memberikan kesan hangat dari guru sehingga siswa merasa nyaman di sekolah.

Keywords


Strategi, Pendidik Karakter, Religius

Full Text:

PDF PDF

References


Adu, La. 2014. “PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF ISLAM.” 3(1).

Ardy, Wiyani. 2013. “Bina Karakter Anak Usia Dini : Panduan Orang Tua Dan Guru Dalam MembentukKemandirian Dan Kedisiplinan Anak Usia Dini.”

Cahyono, Heri. 2020. “PENDIDIKAN KARAKTER STRATEGI PENDIDIKAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS.” (1): 1–14.

Haris, Abdul. “Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam.” : 64–82.

Iswan, and Herwina. 2018. “Penguatan Pendidikan Karakter Perspektif Islam Dalam Era Millenial IR. 4.0.” : 21–42.

Jannah, Miftahul. 2019. “Metode Dan Strategi Pembentukan Karakter Religius Yang Diterapkan Di Sdtq-T an Najah Pondok Pesantren Cindai Alus Martapura.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 4(1): 77.

Khalilurrahman Al Mahfani, M. 2008. Berkah Sholat Dhuha. Jakarta: PT Wahyu Media.

Mistiningsih, Cindy, and Eni Fariyatu Fahyuni. 2020. “MANAJEMEN ISLAMIC CULTURE MELALUI PEMBIASAAN KARAKTER KEDISIPLINAN SISWA.” 2(1): 157–71.

Nurbaiti, Rahma, Susiati Alwy, and Imam Taulabi. 2020. “Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan The.” El Bidayah 2(March): 55–65.

Rohim, Abdur. 2020. “Kegiatan Sholat Dhuha Berjamaah Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Al Azhar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember.” Al-ASHR 5(2): 14–30.

Sajadih, Dahrun. 2008. “PENDIDIKAN KARAKTER DALAM ISLAM.” : 1–19.

Sudrajat, Ajat. 2011. “Mengapa Pendidikan Karakter?” Jurnal Pendidikan Karakter 1(1): 47–58.

Adu, La. 2014. “PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF ISLAM.” 3(1).

Ardy, Wiyani. 2013. “Bina Karakter Anak Usia Dini : Panduan Orang Tua Dan Guru Dalam MembentukKemandirian Dan Kedisiplinan Anak Usia Dini.”

Cahyono, Heri. 2020. “PENDIDIKAN KARAKTER STRATEGI PENDIDIKAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS.” (1): 1–14.

Haris, Abdul. “Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam.” : 64–82.

Iswan, and Herwina. 2018. “Penguatan Pendidikan Karakter Perspektif Islam Dalam Era Millenial IR. 4.0.” : 21–42.

Jannah, Miftahul. 2019. “Metode Dan Strategi Pembentukan Karakter Religius Yang Diterapkan Di Sdtq-T an Najah Pondok Pesantren Cindai Alus Martapura.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 4(1): 77.

Khalilurrahman Al Mahfani, M. 2008. Berkah Sholat Dhuha. Jakarta: PT Wahyu Media.

Mistiningsih, Cindy, and Eni Fariyatu Fahyuni. 2020. “MANAJEMEN ISLAMIC CULTURE MELALUI PEMBIASAAN KARAKTER KEDISIPLINAN SISWA.” 2(1): 157–71.

Nurbaiti, Rahma, Susiati Alwy, and Imam Taulabi. 2020. “Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan The.” El Bidayah 2(March): 55–65.

Rohim, Abdur. 2020. “Kegiatan Sholat Dhuha Berjamaah Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Al Azhar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember.” Al-ASHR 5(2): 14–30.

Sajadih, Dahrun. 2008. “PENDIDIKAN KARAKTER DALAM ISLAM.” : 1–19.

Sudrajat, Ajat. 2011. “Mengapa Pendidikan Karakter?” Jurnal Pendidikan Karakter 1(1): 47–58.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.