Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Akhlak Siswa SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Putria Wati Nurjanah, Neysa Salsabila Felasufa Amadea, Laila Nurul Wahidah, Muhammad Zoel Vantorry, Tri Yaumil Falikah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji upaya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan akhlak siswa SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus kualitatif. Penelitian dilakukan selama satu bulan, mulai dari 8 Agustus hingga 8 September. Sampel terdiri dari 15 siswa yang dianggap memiliki tingkat ketidak-sopanan yang signifikan terhadap guru PAI, serta beberapa guru PAI yang berpengalaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak kurikulum darurat COVID-19, biaya masuk yang mahal, metode penyampaian materi yang kurang menyenangkan, dan kurangnya tegasnya sanksi telah memengaruhi hubungan antara siswa dan guru PAI. Guru PAI telah melakukan berbagai upaya, termasuk pelatihan sosial dan akhlak, serta meningkatkan komunikasi dengan siswa. Simpulan penelitian ini adalah bahwa perbaikan hubungan antara siswa dan guru PAI memerlukan strategi yang holistik, melibatkan perubahan dalam metode pembelajaran, disiplin, dan perhatian terhadap faktor sosial ekonomi. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi pengembangan pendidikan akhlak di lingkungan sekolah yang serupa.

Keywords


upaya; guru; akhlak

Full Text:

PDF PDF

References


Adminmugajhs. (n.d.). Informasi Dan Pendaftaran Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2023-2024 SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. https://www.smpmugayogya.sch.id/read/326/informasi-dan-pendaftaran-ppdb-tahun-ajaran-2023-2024

Agustang, A., Mutiara, I. A., & Asrifan, A. (2021). Masalah Pendidikan di Indonesia.

Arianti, A. (2019). Urgensi lingkungan belajar yang kondusif dalam mendorong siswa belajar aktif. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11(1), 41–62.

Asyari, F. (2019). Tantangan Guru PAI Memasuki Era Revolusi Industri 4.0 Dalam Meningkatkan Akhlaq Siswa di SMK Pancasila Kubu Raya Kalimantan Barat. Muslim Heritage, 4(2).

Budiman, I. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Lingkungan Terhadap Peningkatan Keseimbangan Dinamis Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2, 933–942.

Efendi, R., Dirgayunita, A., & Dheasari, A. E. (2022). Upaya Guru PAI Dalam Membina Akhlak Siswa SMP Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(2), 32–41.

Effendi, D., & Wahidy, A. (2019). Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran menuju pembelajaran abad 21. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Erlinung, N. (2022). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Membentuk Akhlak Peserta Didik. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(1), 417–426.

Fitriani, A., & Yanuarti, E. (2018). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Spiritual Siswa. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 173–202.

Hardianto, D. (2014). Program Sekolah Orang Tua Siswa Di Sdit Luqman Al Hakim Internasional Yogyakarta. Dinamika Pendidikan, 21(01).

Herdiani, M., Kusnawan, A., & Tajiri, H. (2018). Strategi Kolaboratif Guru BK dengan Guru PAI dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa. Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam, 6(1), 20–37.

Komalasari, M. A. (2019). Kapabilitas manusia dan pemanfaatan modal sosial dalam pemberdayaan masyarakat: suatu upaya mengatasi kesenjangan. Media Informasi Penelitian Kesejahteraan Sosial, 43(2), 153–164.

Krisnawanti, A. (2016). Kerjasama guru dengan orang tua membentuk karakter disiplin siswa kelas V SD negeri gembongan. Basic Education, 5(18), 1–737.

Maesaroh, S. (2013). Peranan metode pembelajaran terhadap minat dan prestasi belajar pendidikan agama Islam. Jurnal kependidikan, 1(1), 150–168.

Norhikmah, A., Nur, S., & Azmi, M. N. (2021). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Proses Pembelajaran Akidah Akhlak Bagi Guru Dan Siswa Di Kota Amuntai. Proceeding Antasari International Conference, 2(1).

Nuwa, G. G. (2020). Kemerosotan Moral Siswa Pada Masa Pandemic Covid-19: Meneropong Eksistensi Guru Pendidikan Agama Islam. Atta’dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 1–17.

Pertiwi, O. (2020). Kolaborasi guru pendidikan agama Islam (PAI) dengan guru bimbingan konseling (BK) dalam pembinaan akhlak peserta didik di SMK Perguruan Mu’allimat Cukir Kabupaten Jombang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Putri, R. A., Pratiwi, I. A., & Kuryanto, M. S. (2022). Problematika Guru dalam Program Pembiasaan Karakter Sopan Santun Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 9(1), 33–42.

Rahardjo, M. (2017). Studi kasus dalam penelitian kualitatif: konsep dan prosedurnya.

Rahayu, R. P. (2021). Kesehatan Mental Anak dan Remaja Selama Masa Isolasi Sosial COVID-19: Literature Review. Jurnal_Kebidanan, 11(1), 598–607.

Warianie, L. (2020). Peranan Penting Guru, Orang Tua dan Siswa Dalam Menghadapi Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid 19. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 1(1), 16–29.

Wati, B. K. (2015). Sistem Point Dalam Membentuk Kedisiplinan Peserta Didik Di MAN 3 Kediri. IAIN Kediri.

Wulandari, Y. (2023). Tata kelola dana zakat infaq dan shodaqoh dalam program beasiswa di yatim mandiri kita kediri. Institut Agama Islam Tribakti.

Yuliandari, N. I. P. S., Gunawan, I. G. D., Jatiyasa, I. W., Binawati, N. W. S., & Diatmika, I. D. G. N. (2023). Pendidikan Karakter dan Moralitas Dalam Ajaran Catur Guru. Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 3(1), 84–96.

Zsantana, P. N., & Suwanda, I. M. (2023). Penguatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dan Moral melalui Program 5S (Senyum Sapa Salam Sopan Santun) di SMK Negeri 1 Trenggalek pada Masa Pandemi Covid-19. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 11(1), 222–236.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.