Analisis Permasalahan dalam Pembelajaran ISMUBA (Al-Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab) di SMK Muhammadiyah 2 Wates

Rosyada Ayu Fatimah, Rifaah Salwa Albana, Aswin Nurjanah, Abdul Ghofar, Deni Fatmawati

Abstract


Mata Pelajaran  ISMUBA atau Al-Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab merupakan rangkaian mata pelajaran yang harus ada di sekolah Muhammadiyah. SMK Muhammadiyah 2 Wates merupakan suatu Sekolah Menengah Kejuruan yang terletak di daerah Wates, Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sekolah ini merupakan sekolah kejuruan dengan beberapa peminatan diantaranya Pengelasan (TPFL),  Otomotif (TKRO), dan Manajemen Perkantoran (MPLB). Sekolah ini merupakan sekolah dengan basis Muhammadiyah sehingga tentunya ada rangkaian pembelajaran ISMUBA di setiap kelasnya. Banyak kendala yang dialami oleh guru ISMUBA dalam proses pembelajaran. Hal ini terjadi karena mayoritas anak didik di sekolah memiliki fokus pada pembelajaran yang sesuai dengan jurusannya. Beberapa hal tersebut menjadi alasan bagi peneliti untuk melakukan penelitian dengan judul “Analisis Permasalahan di Dalam Pembelajaran ISMUBA di SMK Muhammadiyah 2 Wates”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai berbagai permasalahan yang dialami guru ISMUBA di dalam proses pembelajaran, tentunya dalam pembelajaran ISMUBA di SMK Muhammadiyah 2 Wates. Penelitian ini selain membahas mengenai permasalahan guru ISMUBA juga memberikan beberapa saran atau masukan. Harapannya adalah penelitian ini akan bermanfaat bagi guru ISMUBA yang akan melaksanakan proses pembelajaran di kelas

Keywords


ISMUBA, kendala, analisis

Full Text:

PDF PDF

References


Baidarus, B., Hamami, T., M. Suud, F., & Rahmatullah, A. S. (2020). Al-Islam dan kemuhammadiyahan sebagai basis pendidikan karakter. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic

Education, 4(1), 71. https://doi.org/10.24269/ajbe.v4i1.2101

Fatoni, A. (2018). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK PELAYARAN SAMUDERA NUSANTARA UTAMA PALOPO. IAIN Palopo.

Husnita, H., & Suparno, S. (2020). Pendidikan Karakter dan Prakerin Berpengaruh Terhadap Kesiapan Siswa Memasuki Dunia Kerja. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(3), 428–438.

MUSTHOFA, A. (2019). PENGUATAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MATERI AJAR AQIDAH AKHLAK PADA MATA PELAJARAN ISMUBA (Studi Kasus di SD

Muhammadiyah 21 Surabaya). Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Purwaningsih, E. (2016). Peranan Guru Sebagai Fasilitator dan Motivator dalam Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas XI Smk. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 5(10).

Susiana, S. (2017). Problematika Pembelajaran PAI di SMKN 1 Turen. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2(1), 73–88. https://doi.org/10.25299/althariqah.2017.vol2(1).648


Refbacks

  • There are currently no refbacks.