Penerapan Model Belajar Discovery Learning pada Pembelajaran Biologi Kelas X SMA N 1 Kasihan

Aprillia Gea Nur Saputri, Trianik Widyaningrum, Suyadi Suyadi

Abstract


Pembelajaran suatu proses belajar mengajar yang melibatkan antara siswa dengan guru. Untuk memperoleh hasil belajar yang bagus perlu model pembelajaran yang tepat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan Discovery Learning dalam pembelajaran biologi. Metode yang digunakan yaitu jenis penelitian kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara tatap muka dengan guru biologi dan juga observasi kelas X SMA N 1 Kasihan yaitu pada kelas X.1, X.2, X.4, X.6 dan X.8 masing-masing kelas berjumlah 34 siswa. . Hasil penelitian ini, kelas X SMA N 1 Kasihan telah menggunakan Discovery Learning sebagai model pembelajaran biologi. Penerapan model pembelajaran ini, mampu menghasilkan hasil yang bagus karena siswa dapat lebih aktif dan mempunyai sikap tanggung jawab terhadap kelompok.

Keywords


Model belajar; Discovery Learning; Pembelajaran Biologi

Full Text:

PDF

References


Abdjul, D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Buntulia. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 343. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.343-348.2022

Agusriyalni, Z., Idrus, I., & Yennita, Y. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Pada Materi Sistem Koordinasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 5(1), 31–39. https://doi.org/10.33369/diklabio.5.1.31-39

Anisa, N., Anisa, A., & Irmawanty, I. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Fungi. Binomial, 4(1), 26–37. https://doi.org/10.46918/bn.v4i1.843

Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951

Fahrezi, I., Taufiq, M., Akhwani, A., & Nafia’ah, N. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 408. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.28081

Faturrahman, M. A., & Ningsih, K. (2023). Studi Literatur : Penerapan Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. 06(01), 7262–7274.

Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5

Harefa, D., Ge’e, E., Ndruru, K., Ndruru, M., Ndraha, L. D. M., Telaumbanua, T., Sarumaha, M., & Hulu, F. (2021). Pemanfaatan laboratorium IPA di SMA Negeri 1 Lahusa. Edumatsains: Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 5(2), 105–122. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/edumatsains/article/view/2062

Hidayah, N., Muhlis, M., & Artayasa, I. P. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Jaringan Tumbuhan Berbasis Discovery Learning Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pijar Mipa, 16(3), 358–365. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i3.2546

Jayawardana, H. B. A. (2017). Paradigma Pembelajaran Biologi Di Era Digital. Jurnal Bioedukatika, 5(1), 12. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v5i1.5628

Kristin, F. (2019). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 2(1), 90 – 98.

Mukra, R., & Nasution, Y. M. (2016). Difference of Student ’ S Learning Achievement By Using Project Based. Jurnal Pelita Pendidikan, 4(2), 122–127.

Nafisa, D., & Wardono. (2019). Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika , 2, 854–861. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Puspita, A. H. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Smp Kelas Viii. Jurnal Math-UMB.EDU, 8(3), 1–9. https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v8i3.2041

Rulianto, R. (2019). Pendidikan Sejarah Sebagai Penguat Pendidikan Karakter. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 4(2), 127–134. https://doi.org/10.23887/jiis.v4i2.16527

Toy, B. A. I., Karwur, F. F., da Costa, J. F., Langkun, J. F., & Rondonuwu, F. S. (2018). Desain Bahan Ajar Biologi Berbasis Discovery Learning Dengan Scientific Approach untuk Materi Jamur di Kelas X SMA. BIOSFER: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1), 67–75. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.11-1.7%0AABSTRAK


Refbacks

  • There are currently no refbacks.