Optimalisasi Pendidikan Karakter pada Siswa Sebagai Upaya Meminimalisir Kenakalan Remaja

Arif Sujatikmo, Mahmuda Ma'arif, Yufita Tri Khasanah

Abstract


Pendidikan karakter merupakan hal yang penting bagi generasi muda sebagai penerus bangsa. Implementasi pendidikan karakter di sekolah dan keluarga sangat dibutuhkan untuk membentuk individu yang memiliki moral dan etika yang baik. Permasalahan kenakalan remaja dan perilaku menyimpang di kalangan pelajar menuntut adanya program pendidikan karakter yang efektif. Guru memiliki peran penting dalam menanamkan nilai-nilai karakter kepada siswa. Dengan implementasi pendidikan karakter yang baik, diharapkan generasi muda dapat tumbuh dan berkembang menjadi individu yang bertanggung jawab dan berkontribusi positif bagi masyarakat dan negara.

Keywords


Kenakalan remaja, Pendidikan karakter, Generasi muda

Full Text:

PDF

References


Barnawi, dkk. 2015. Strategi Kebijakan dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

BKKBN. (2019). BKKBN Hadapi Permasalahan Remaja Indonesia dengan GenRe Educamp 2019.

Fajri, F., Hartono, R., & Hakim, L. (2020). Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Pengembangan Diri. 3(1), 31–38.

Kristiawan, M. (2016). Telaah Revolusi Mental Dan Pendidikan Karakter Dalam Pembentukkan Sumber Daya Manusia Indonesia Yang Pandai Dan Berakhlak Mulia. Ta’dib, 18(1), 13.

Muchtar, Achmad Dahlan. Aisyah Suryani, Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud (Telaah Pemikiran atas Kemendikbud), Edumaspul: Jurnal Pendidikan – Vol 3 No. 2 (2019) 50-57.

Pendidikan, J., & Indonesia, S. (n.d.). SeBaSa SeBaSa. SeBaSa : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 197–209.

Sakti, B. P. (2017). Indikator Pengembangan Karakter Siswa. Indikator Pengembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar, 101, 1–10.

Setiawan, F., Taufiq, W., Puji Lestari, A., Ardianti Restianty, R., & Irna Sari, L. (2021). Kebijakan Pendidikan Karakter Dalam Meminimalisir Kenakalan Remaja. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(1), 62–71. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i1.263

Subianto, Jito. Peran Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat dalam Pembentukan Karakter Berkualitas,Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, Vol. 8, No. 2, Agustus 2013, h. 331-354.

Suwahyu, I. (2018). Pendidikan Karakter Dalam Konsep Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 192–204. https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2290


Refbacks

  • There are currently no refbacks.