Praktikum Mandiri Fluida dengan Bahan Sederhana sebagai Peningkatan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring

Muhammad Fikri Sya'bani, Toni Kus Indratno, Mentari Eka Wahyuni

Abstract


Fluida didefenisikan sebagai  zat yang dapat mengalir seperti zat cair dan udara. Dalam keseharian, makhluk hidup selalu bergantung pada fluida untuk bertahan hidup. Fluida dapat ditemukan seluruh sudut planet bumi. Karena dapat ditemukan dimanapun, materi fluida mudah untuk dipahami dan dipraktikkan dimana saja. Dengan kondisi pandemi yang masih belum memungkinkan untuk peserta didik melakukan pembelajaran secara langsung dan tatap muka, hingga saat tulisan ini dibuat masih diberlakukan pembelajaran dalam jaringan (daring). Maka dari itu, materi fluida cocok untuk dipraktekkan secara mandiri dan terbukti meningkatkan minat siswa dalam mempelajari materi fisika.


Full Text:

PDF

References


Abidin, K., & Wagiani, S. (2013). Studi Analisis Perbandingan Kecepatanaliran Air Melalui Pipa Venturi Dengan Perbedaan Diameter Pipa. Jurnal Dinamika, 04(1), 62–78.

Adi, N. N. S., Oka, D. N., & Wati, N. M. S. (2021). Dampak Positif dan Negatif Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 43. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32803

Aini, K. (2021). Analisis Proses Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 218–228.

Argaheni, N. B. (2020). SISTEMATIK REVIEW : DAMPAK PERKULIAHAN DARING SAAT PANDEMI COVID-19 TERHADAP MAHASISWA INDONESIA A Systematic Review : The Impact of Online Lectures during the COVID-19 Pandemic Against Indonesian Students. 8(2).

Dzalila, L., Ananda, A., & Zuhri, S. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Tingkat Pemahaman Belajar Mahasiswa. Jurnal Signal, 8(2), 203. https://doi.org/10.33603/signal.v8i2.3518

Erniwati, Eso, R., & Rahmia, S. (2014). Penggunaan Media Praktikum Berbasis Video dalam Pembelajaran IPA-Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Suhu dan Perubahannya. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 10(3), 269–273. http://ojs.unm.ac.id/JSdPF/article/view/964

Handarini, Oktavia & Wulandari, S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Family Practice, 8(5), 496–503. https://doi.org/10.1093/fampra/cmy005

Hendriyani, M. E., & Novi, R. (2020). Pengembangan Video Presentasi Untuk Melatih Kreativitas Dan Komunikasi Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 3(1), 328–339.

Huda, N., Agung, A., Putra, S., Ludivica, E. S., & Terbuka, U. (2014). Evaluasi Penyelenggaraan Praktikum Mandiri Program Studi.

Jalaluddin, J., Akmal, S., ZA, N., & Ishak, I. (2019). Analisa Profil Aliran Fluida Cair Dan Pressure Drop Pada Pipa L Menggunakan Metode Simulasi Computational Fluid Dynamic (Cfd). Jurnal Teknologi Kimia Unimal, 8(1), 97. https://doi.org/10.29103/jtku.v8i1.3396

Kusuma, D. A. (2020). Dampak Penerapan Pembelajaran Daring Terhadap Kemandirian Belajar (Self-Regulated Learning) Mahasiswa Pada Mata Kuliah Geometri Selama Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 169. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3504

Mar’ah, N. K., Rusilowati, A., & Sumarni, W. (2020). Perubahan Proses Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 446.

Muyasaroh. (2020). Dampak positif dan negatif metode belajar daring bagi orang tua. Jurnal Taujih: Jurnal Pendidikan Islam, 13(01), 65–83.

Pujilestari, Y. (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. Adalah, 4(1), 49–56. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/adalah/article/view/15394/7199

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Sari, R. P., Tusyantari, N. B., & Suswandari, M. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 9–15. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.732

Setiawan, A. P., Masruri, L., Ayu, S., Trastianingrum, P., Metode, E., Daring, P., Jarak, P., Akibat, J., Pelajar, P., & Mahasiswa, D. (2021). PERSPEKTIF PELAJAR DAN MAHASISWA Akbar Pandu Setiawan , Laili

Masruri , Sekar Ayu Panca Trastianingrum , dan Eny Purwandari THE EFFECTS OF ONLINE ( REMOTE ) LEARNING METHOD DUE TO COVID-19 : STUDENTS AND COLLEGE STUDENTS ’ PERSPECTIVE Efek Metode Pembelaj. 16, 83–91.

Sufiyanto, M. I., & Hefni, M. (2021). Analisis Penggunaan Praktikum Sederhana Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Di Sdn Durbuk Iii Pamekasan Tahun …. Eduproxima …, 3(1), 1–17. http://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/eduproxima/article/view/1848

Sugiarto, A. (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Keperawatan Pasca Pandemi Covid 19. Jurnal Perawat Indonesia, 4(3), 432. https://doi.org/10.32584/jpi.v4i3.555

Wahyuningtias, E. D., Fauziah, H. N., Kusumaningrum, A. C.,

Rokmana, A. W., Artikel, I., Fauziah, H. N., Kusumaningrum, A. C., Rokmana, W., Wahyuningtias, D., Fauziah, H. N., Kusumaningrum, A. C., & Rokmana, W. (2021). Jurnal Tadris IPA Indonesia. 1(2), 129–137.

Wulaningsih, T., Sihite, E. B. R., Utami, I. S., & Nabila, S. (2021). Proses Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid -19 the Online Learning Process Durn the Covid- 19 Pandemic. Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Melalui Program Vokasi Untuk Memenuhi Kebutuhan Dunia Industri.

Yurni, A., & Mutiah, H. (2021). JPSS : Vol . 1 No . 1 Edisi Juni Tahun 2021 . P-2443-1915 E-ISSN DAMPAK PEMBELAJARAN DARING MASA PANDEMI COVID-19 ( STUDI KASUS PADA ORANG TUA PESERTA DIDIK ) Abstrak : This study aims to know ( i ) Positif impact on learning of online pandemic COVID- 19 . 1(1), 22–30.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.