Implementasi Teknik Motivasi dalam Pembelajaran Pada Siswa Kelas 1 di SD Muhammadiyah Karangkajen 1

Viraesti Damayati, Mukti Sintawati

Abstract


Dalam pembelajaran disekolah guru sebagai pendidik bagi siswa. Guru sebagai orang tua kedua bagi siswa ketika sedang disekolah maka saat berada disekolah guru sebagai penentu keberhasilan bagi siswa. Penelitian ini untuk mendiskripsikan bagaimana teknik motivasi dalam pembelajaran pada siswa kelas 1. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan jenis penelitain deskriptif. Pada penelitian ini subjeknya yaitu siswa kelas 1 di SD Muhammadiyah Karangkajen 1.

Full Text:

PDF

References


Arifuddin, A., Maufur, S., & Farida, F. (2018). Pengaruh penerapan alat peraga puzzle dengan menggunakan metode demonstrasi terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika di SD/MI. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 10-17.

Dwi Rahmawati, I., & Kaltsum, H. U. (2019). Implementasi Reward And Punishment Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Wonorejo 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah surakarta).

Imraatusshalihah, I., Mahmud, M., & Yusuf, M. N. Y. M. N. (2017). Implementasi Teknik-teknik Motivasi Dalam Pembelajaran Pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri 33 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1).

Meilani, D., & Aiman, U. (2020). Implementasi Pembelajaran Abad 21 terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik dengan Pengendalian Motivasi Belajar. Indonesian Journal of Primary Education, 4(1), 19-24.

Nurfitri, D., Istiandaru, A., & Sulistiowati, E. (2020). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas I Sd Negeri Lumingser 02 Melalui Model Pbl Berbantuan Media Interaktif Powerpoint.

Prasetyo, H. E. (2015). Hubungan Persepsi Penerapan Metode TGT, Teknik Reward and Punishment dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN I Ngrejo Tulungagung. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 119-129.

Ratnaningsih, S., & Nastiti, G. (2018). Upaya meningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan media gambar pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(2), 275-286.

Sumayasa, I. N., Marhaeni, M. P. A. N., & Dantes, N. (2015). Pengaruh Implementasi Pendekatan Saintifik Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas VI di Sekolah Dasar Se Gugus VI Kecamatan Abang, Karangasem (Doctoral dissertation, Ganesha University of Education).

Susilowati, A. Y., Sayekti, I. C., & Eryani, R. (2021). Penerapan Media Realia untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2090-2096.

Yulianti, Y., Murdani, E., & Kusumawati, I. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kalor di Kelas X. Variabel, 2(1), 24-30.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.