Pelatihan English Classroom Instruction dan Vocabulary Mastery bagi Guru TK ABA Nitikan sebagai gerbang Internasionalisasi Muhammadiyah level Pendidikan Anak Usia Dini
Abstract
Bahasa Inggris sebagai lingua franca menyebabkan peningkatan minat orang tua menyekolahkan putra/i-nya ke sekolah yang mengajarkan Bahasa Inggris. Namun, berbagai kendala muncul dalam pembelajaran bahasa Inggris di level AUD, antara lain; (1) peraturan pemerintah yang simpang siur terkait pengajaran Bahasa Inggris di AUD, (2) minimnya guru AUD cakap berbahasa Inggris, dan (3) Media pembelajaran Bahasa Inggris yang adaptif dan berkarakter bagi AUD masih terbatas. Sekolah-sekolah Muhammadiyah dalam hal ini mendapat sorotan khusus karena memberikan layanan pembelajaran Bahasa Inggris di AUD akan tetapi guru-guru disekolah masih mengalami kesulitan dalam penguasaan Bahasa Inggris. Oleh karena itu, membekali guru-guru AUD dengan kecakapan Bahasa Inggris level dasar penting dilakukan sebagai upaya meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris Guru TK. Tujuan dari kegiatan PkM ini adalah memberikan pelatihan tentang English Classroom Instruction (ECI) dan Vocabulary Mastery (VM) pada para guru di TK ABA Nitikan. Materi adaptif serta berkarakter sesuai dengan nilai-nilai Islam dan Kemuhammadiyahan diberikan serta menunjang terwujudnya Internasionalisasi Muhammadiyah dan pelatihan dilakukan secara luring dengan pendekatan Project Based Learning dan metode PPP (presentation, practice, production). Hasil pre-test dan post-test serta testimoni para guru menunjukkan peningkatan keberdayaan mitra dengan skor test yang meningkat dari rata-rata pre-test 61.8 menjadi 85.8 pada post-test dan respon positif setelah mengikuti pelatihan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Hamdi, R., Mawardi, I., Hayati, N. N., & Mudzakkir, M. (Eds.). (2022). Internasionalisasi Muhamamdiyah: Sejarah dan Dinamika Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah Luar Negeri 2002-2022. Penerbit Samudra Biru (Aanggota IKAPI).
Candraningrum, D. (2008). The Challenge of Teaching English in Indonesian’s Muhammadiyah Universities (1958-2005). Lit Verlag.
Copland, F., Garton, S., & Burns, A. (2013). Challenges in Teaching English to Young Learners: Global Perspectives and Local Realities. TESOL Quarterly, 48(4), 738–762. https://doi.org/10.1002/tesq.148
Enever, J., Moon, J., & Raman, U. (2009). Young Learner English Language Policy and Implementation : International Perspectives.
Finkelstein, L. S. (2012). Education in Indonesia: Rising to the challenge. In Reviews of National Policies for Education (Vol. 20, Issue 15). JSTOR. https://doi.org/10.2307/3023860
Fuad, M. (2004). Islam, modernity and Muhammadiyah’s educational Programme. Inter-Asia Cultural Studies, 5(3), 400–414. https://doi.org/10.1080/1464937042000288697
Garton, S., Copland, F., & Burns, A. (2013). Investigating global practices in teaching English to Young Learners. British Council ELT Research Papers Volume 1, 35–68. http://englishagenda.britishcouncil.org/sites/ec/files/British Council WEB pdf_0.pdf
Jazuly, A., & Indrayani, N. (2018). Guidance of Teaching English to Young Learners (TEYL) for Early Childhood Education Teachers at Ad Dhuha Kindergarten of Jember. Linguistic, English Education and Art (LEEA) Journal, 1(2), 168–179. https://doi.org/10.31539/leea.v1i2.175
Jenkins, J., Cogo, A., & Dewey, M. (2011). Review of developments in research into English as a Lingua Franca. Language Teaching, 44(3), 281–315. https://doi.org/10.1017/S0261444811000115
Kirkpatrick, A. (2010). English as a lingua franca in ASEAN: A multilingual model. English as a Lingua Franca in ASEAN: A Multilingual Model, December 2016, 1–222. https://doi.org/10.18823/asiatefl.2016.13.4.11.391
Musiman, Sutopo, A., Ali, R. M., Aditama, M. G., Wiguna, A., & Syafiq, A. (2021). EYL in Indonesia: Implementations, Problems, and Challenges. Proceedings of the 5th Progressive and Fun Education International Conference (PFEIC 2020), 479, 105–113. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201015.017
Nashir, H. (2015). Understanding The Ideology of Muhammadiyah. Muhammadiyah University Press. http://www.worldcat.org/oclc/1001435383
Nufus, T. Z. (2018). Teaching English to Young Learners in Indonesia (Pros and Cons). English Language in Focus (ELIF), 1(1), 65. https://doi.org/10.24853/elif.1.1.65-70
Nutley, S. M., Walter, I., & Davies, H. T. O. (2007). Using evidence : how research can inform public services. Policy Press.
Pilz, M., & Regel, J. (2021). Vocational Education and Training in India: Prospects and Challenges from an Outside Perspective. Margin, 15(1), 101–121. https://doi.org/10.1177/0973801020976606
Rizki Anggraini, D. (2018). Challenges in Teaching English to Young Learners. Lingua, 18(2), 141–146.
Widodo, A., & Dewi, S. R. (2019). Revealing Problems on Teaching English for Young Learners at Al – Azhar 55 Islamic Primary School Yogyakarta and How to Solve Them. Jurnal VARIA, 30(2), 21–29. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i2.7571
Wu, X. (2021). Application of Artificial Intelligence in Modern Vocational Education Technology. Journal of Physics: Conference Series, 1881(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1881/3/032074
Zein, M. S. (2017). To postpone or not to postpone? Examining access policy on early foreign language learning from second language acquisition and language planning and policy perspectives. Applied Linguistics Review, 8(4), 419–439. https://doi.org/10.1515/applirev-2016-1044
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Rifky Dora Wijayati, Khafidhoh Khafidhoh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id
p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License