Perkembangan industri halal dan tantangannya di Negara Indonesia-Thailand
Abstract
Perkembangan teknologi saat ini berkembang sangat pesat, demikian juga terhadap makanan yang saat ini sangat banyak sekali produk-produk makanan yang beredar disekitar kita Sebagai kebutuhan pokok untuk keberlangsungan kehidupan, makanan yang dikonsumsi harus tetap memperhatikan kandungan gizi serta keamanannya. Makanan yang dikonsumsi manusia harus mengandung berbagai macam kandungan gizi yang dapat menunjang proses kehidupan manusia. Melihat ramainya produk-produk makanan yang beredar disekitar kita seharusnya membuat seseorang harus lebih selektif dalam menentukan pilihannya. Seseorang hendaknya jeli melihat aspek kehalalan dan kesehatannya. Permasalahan dan kendala yang harus dihadapi masyarakat muslim yang mengadu nasib di negara-negara non muslim salah satunya Thailand. Hal ini terjadi karena mayoritas negara tersebut adalah bukan muslim. Tujuan pengabdian ini adalah peningkatan pengetahuan mengenai sejarah industri halal dan tantangannya pada masyarakat muslim Indonesia – Thailand. Hasilnya adalah terjadinya peningkatan pengetahuan masyarakat muslim Indonesia-Thailand mengenai sejarah perkembangan industry halal serta tantangan ke depan. Sehingga hal ini dapat menjadi motivasi khususnya masyarakat Indonesia yang mayoritas berpenduduk muslim untuk lebih selektif dalam memilih produk halal dan bagi pemilik industry memenuhi persyaratan untuk mendapatkan sertifikasi halal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astuti, M. (2020). Pengembangan Produk Halal Dalam Memenuhi Gaya Hidup Halal (Halal Lifestyle). Iuris Studia: Jurnal Kajian Hukum, 1(1), 14–20. https://doi.org/10.55357/is.v1i1.16
Bayu Mitra Adhyatma Kusuma. (2016). Masyarakat Muslim Thailand Dan Dampak Psikologis Kebijakan Asimilasi Budaya. Jurnal Hisbah, 13(1), 109–120.
Effendi, S. A. (2019). Potensi dan Tantangan Menuju Indonesia Sebagai Industri Halal Dunia. 3–6.
Fathoni, M. A. (2020). Potret Industri Halal Indonesia: Peluang dan Tantangan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 428. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i3.1146
Madjid, S. S. (2022). Halal Di Indonesia ( Pada Masa Pandemic Covid-19 ). JURNAL PILAR: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 13(1), 17–32.
Mania. (2019). Perkembangan Sosial Islam di Thailand. AL MA’ARIEF : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 1(1), 80–101. https://doi.org/10.35905/almaarief.v1i1.783
Qoniah, R. (2022). Tantangan dan Strategi Peningkatan Ekspor Produk Halal Indonesia di Pasar Global. Halal Research Journal, 2(1), 52–63. https://doi.org/10.12962/j22759970.v2i1.246
Saepudin, E. (2022). Ekosistem Industri Halal. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities (Vol. 5). https://doi.org/10.30595/pssh.v5i.420
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Dyah Suryani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id
p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License