Pelatihan Pembuatan Folklor Dan Model Pembelajaran Berbasis Digital Learning System Bagi Guru MTs N 4 Di Buton Selatan
Abstract
Buton merupakan salah satu daerah yang memiliki kekayaan folklor yang belum tergali secara maksimal. Di samping itu, folklor juga menjadi salah satu materi yang wajib diajarkan di tingkat SMP. Permasalahan yang dialami oleh guru-guru MTs N 4 Buton Selatan adalah keterbatasan keterampilan guru menuliskan kembali folklor Buton yang hampir punah dan alternatif pembelajaran folklor di sekolah. Oleh karena itu, tujuan program pengabdian masyarakat adalah (1) meningkatkan kemampuan keterampilan guru menuliskan kembali folklor Buton dan (2) meningkatkan pengetahuan guru tentang model-model pembelajaran folklor.
Metode pelaksanaan adalah ceramah, praktik, dan pendampingan. Peserta adalah guru-guru MTs Negeri 4 Buton Selatan sejumlah 10 orang. Kegiatan pelatihan penulisan folklor dan model pembelajarannya dilaksanakan pada tanggal 8-9 Agustus 2022 bertempat di MTs Negeri 4, Desa Bola, Kecamatan Batauga, Buton Selatan. Kegiatan ini merupakan kerja sama Universitas Ahmad Dahlan dengan Universitas Muhammadiyah Buton. Pelaksanaan program ini dilakukan oleh 3 dosen dibantu oleh 2 orang mahasiswa.
Hasil dan dampak kegiatan pengabdian ini adalah (1) meningkatnya keterampilan guru khususnya strategi menulis folklor Pulau Buton yang masih beredar di masyarakat, (2) meningkatnya pengetahuan guru tentang model pembelajaran folklor di sekolah, khususnya model pembelajaran Digital Learning System. Luaran kegiatan pengabdian ini adalah artikel ilmiah yang dipresentasikan pada acara Seminar Nasional LPPM UADKeywords
Full Text:
PDFReferences
Suryadi. (2007). ‘Surat-Surat Sultan Buton, Dayyan Asraruddin Dan Kaimuddin I’, Koleksi Universiteits bibliotheek Leiden, Belanda. Jurnal Humaniora, Vol.19 nomor 3 tahun 2007 halaman 284-301.
Achadiati Ikram, et al. (2002). Katalog Naskah Buton: Koleksi Abdul Mulku Zahari. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Ilyas, Husnul Fahimah. (2017). ‘Sepenggal Warisan Tertulis di Negeri Buton’. Jurnal.Pusaka: Jurnal Khazanah Keagamaan. Vol. 5 Nomor 1, tahun 2017. Halaman 125-140
Abdurrahman dan Waluyo. (2000). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga
Ratih Rina. (2019). Mencipta sastra Anak bertema kearifan lokal berbasis pendidikan karakter dalam Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. ISSN 2527-4104 Vol.4 No.2, Oktober 2019 halaman 268-280
Dananjaya, James. (1991). Folkor Indonesia Ilmu Gosip, Dongeng, dan Lain-Lain. Jakarta: Graffiti
Hanifah, Harini Nur. (2019). “Pengajaran Cerita Rakyat Berbasis Permainan sebagai Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik.” Makalah pada Seminar Nasional Pegelaran Pendidikan Dasar Nasional. ISSN 2714-5972 283 halaman 283
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Rina Ratih Sri Sudaryani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id
p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License