Pelatihan pengembangan metode pembelajaran aktif dalam kurikulum merdeka bagi Guru SD Muhammadiyah Wonokromo 1 Pleret Bantul

NURUL HIDAYATI ROFIAH, FITRI INDRIANI, SATRIANAWATI SATRIANAWATI

Abstract


Pembelajaran aktif penting bagi peserta didik karena melibatkan mereka secara aktif dalam proses pembelajaran, meningkatkan keterlibatan, pemahaman yang lebih dalam, keterampilan sosial, keterlibatan fisik dan mental, pemecahan masalah, kreativitas, serta membantu membangun sikap positif terhadap pembelajaran seumur hidup. Guru seharusnya memahami karakteristik peserta didik dan memilih strategi atau metode pembelajaran yang efektif, serta kemampuan dalam mengelola kelas dengan baik. Namun, tidak semua guru di SD Muhammadiyah Wonokromo 1 Pleret Bantul memiliki kemampuan untuk melakukan hal ini secara efektif. Kegiatan pengabdian bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menerapkan metode pembelajaran aktif dalam konteks Kurikulum Merdeka. Metode pelaksanaan pelatihan secara in on in dengan pembelajaran aktif dan kolaboratif. Pelatihan ini dilakukan dalam dua semester mulai November 2023 sampai dengan Maret 2024. Materi pelatihan terdiri dari strategi dan metode pembelajaran yang mengaktifkan peserta didik, workshop managemen pengelolaan kelas, pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran aktif, pendampingan implementasi perangkat pembelajaran, dan Monitoring dan evaluasi implementasi perangkat pembelajaran. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru dalam mengimplementasikan pembelajaran aktif kepada peserta didik di kelas.


Keywords


Pembelajaran Aktif, Managemen Kelas, Menyenangkan, Kolaboratif

Full Text:

PDF

References


Rahmadhani, P., Widya, D., & Setiawati, M. Dampak Transisi Kurikulum 2013 Ke Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial. 2022. 1(4), 41-49.

Baharuddin, M. R. Adaptasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka (Fokus: model MBKM program studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran. 2021. 4(1), 195-205.

Salma, R. T. S. Pengelolaan kelas pada pembelajaran tematik terpadu kelas V sekolah dasar. Journal of Basic Education Research. 2020. 1(2), 54-57.

Amris, F. K., & Desyandri, D. Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 2021. 5(4), 2171-2180.

Fitrah, A., Yantoro, Y., & Hayati, S. Strategi Guru dalam Pembelajaran Aktif Melalui Pendekatan Saintifik dalam Mewujudkan Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu. 2022. 6(2), 2943-2952.

Rahmawati, H., Iskandar, S., Rosmana, P., Nabilah, A. P., Rahmawati, A., Herlina, P., & Agustiani, N. Peran Guru Penggerak Terhadap Penerapan Pembelajaran Kurikulum Merdeka Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Innovative: Journal of Social Science Research. 2023. 3(2), 4039-4050.

Munawaroh, S. Pengelolaan Kelas Efektif Dalam Melaksanakan Pembelajaran Aktif Pada Mata Pelajaran PAI. AL-IFKAR: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman. 2021. 16(02), 98-124.

Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., & Rosdiana, S. P. Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran. 2023. 1(02), 56-67.

Hakim, M. I., & Zaini, M. Peran Guru Pai Dalam Pengelolaan Kelas Yang Aktif, Efektif, Dan Menyenangkan. Nahdlatain: Jurnal Kependidikan dan Pemikiran Islam. 2022. 1(2), 178-192.

Lutfiana, D. Penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran matematika SMK Diponegoro Banyuputih. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan. 2022. 2(4), 310-319.

Nursalam, N., Sulaeman, S., & Latuapo, R. Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Pembelajaran Berbasis Proyek pada Sekolah Penggerak Kelompok Bermain Terpadu Nurul Falah dan Ar-Rasyid Banda. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 2023. 8(1), 17-34.

Thahery, R. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus merdeka Dalam Menghadapi Era Society 5.0. Technical and Vocational Education International Journal (TAVEIJ). 2023. 3(1), 10-21.

Wibawa, K. A., Legawa, I. M., Wena, I. M., Seloka, I. B., & Laksmi, A. A. R. Meningkatkan pemahaman guru tentang kurikulum merdeka belajar melalui direct interactive workshop. Jurnal Cakrawala Ilmiah. 2022. 2(2), 489-496.

Sintiawati, N., Fajarwati, S. R., Mulyanto, A., Muttaqien, K., & Suherman, M. Partisipasi civitas akademik dalam implementasi merdeka belajar kampus merdeka (MBKM). Jurnal Basicedu. 2022. 6(1), 902-915.

Yaelasari, M., & Astuti, V. Y. Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Cara Belajar Siswa Untuk Semua Mata Pelajaran (Studi Kasus Pembelajaran Tatap Muka di SMK INFOKOM Bogor). Jurnal Pendidikan Indonesia. 2022. 3(07), 584-591.

Mulyatno, C. B. Pengalaman Para Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Setelah Berakhirnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat. Jurnal Basicedu. 2022. 6(5), 7997-7805.

Nisa, M. K., Rohim, I. S., Ahmad, A., Fahlevi, D. B., Sonjaya, F. Z., & Susilawati, S. Analisis Perubahan Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. Anthor: Education and Learning Journal. 2023. 2(4), 546-550.

Parhan, M., & Sutedja, B. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Dalam Pendidikan Agama Islam di Universitas Pendidikan Indonesia. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education. 2019. 6(2), 114-126.

Santoso, G., Karim, A. A., & Maftuh, B. Pengantar Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi melalui Kajian Filosofis Pembukaan UUD 1945 Indonesia Abad 21. Jurnal Pendidikan Transformatif. 2023. 2(1), 297-311.

Darmi, D. Penerapan Metode Simulasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Materi Mitigasi Bencana Alam di Kelas XI IPS-4 SMAN 4 Kota Bima Semester II Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI). 2022. 2(1), 14-26.

Setioyuliani, S. E. P., & Andaryani, E. T. Permasalahan Kurikulum Merdeka dan Dampak Pergantian Kurikulum K13 dan Kurikulum Merdeka. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan. 2023. 3(2), 157-162.

Sumayati, B. Meningkatan Hasil Belajar Muatan Pkn Materi Pengambilan Keputusan Bersama dengan Metode Bermain Pran pada Siswa Kelas V SD Negeri Dondak Kec. Pujut Kabupaten Lombok TengahTahun Pelajaran 2019/2020. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan). 2020. 4(1).

Munasti, K., Hibana, H., & Surahman, S. Penggunaan Mind Mapping sebagai Media Pengembangan Kreativitas Anak di Masa Pandemi. Aulad: Journal on Early Childhood. 2021. 4(3), 179-185.

Mumin, U. A. The Role of Information Technology in Education World (Peran Teknologi Informasi Dalam Bidang Pendidikan; E-education). Al-Afkar, Journal for Islamic Studies. 2019. 104-119.

Umkabu, T. Strategi Pembelajaran Experential Learning terhadap Peningkatan Akademik Siswa di SD Muhammadiyah Abepura. Edukasia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 2023. 4(1), 459-468.

Syahbana, A., Asbari, M., Anggitia, V., & Andre, H. Revolusi Pendidikan: Analisis Kurikulum Merdeka Sebagai Inovasi Pendidikan. Journal of Information Systems and Management (JISMA). 2024. 3(2), 27-30.

Haetami, A., Hamsiah, A., Hayati, N., & Pratiwi, E. Y. R Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. SABAJAYA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2023.1(3), 173-179.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 NURUL HIDAYATI ROFIAH, FITRI INDRIANI, SATRIANAWATI SATRIANAWATI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License