Penguatan kader kesehatan remaja sebagai langkah awal penyediaan layanan kesehatan bagi remaja
Abstract
Remaja di wilayah Dusun Dagan memiliki sumber daya manusia yang cukup potensial dari segi kuantitas. Namun tidak diimbangi dengan kegiatan yang berfokus mengatasi permasalahan kesehatan remaja, padahal remaja terpilih pernah diberikan pelatihan kader kesehatan remaja. Oleh karena itu, kader kesehatan remaja yang telah ada perlu dilatih dan diingatkan kembali dalam upaya penyehatan remaja. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah penguatan kader kesehatan remaja sebagai langkah awal penyediaan layanan Kesehatan bagi remaja di wilayah Dusun Dagan. Metode kegiatan berupa edukasi kesehatan dan pelatihan mengenai kader kesehatan remaja dan pentingnya akses layanan kesehatan bagi remaja. Sasaran utama kegiatan ini adalah remaja dengan rentang usia 10-18 tahun yang berada di wilayah Dusun Dagan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa sebanyak 70% remaja berjenis kelamin Perempuan dan sebanyak 55% remaja termasuk dalam kategori remaja awal. Selain itu, sebanyak 60% remaja memiliki tingkat pengetahuan rendah mengenai Kesehatan remaja dan posyandu remaja. Kegiatan ini dapat dilakukan secara berkelanjutan dengan dukungan dari pemangku kepentingan setempat serta kerjasama dengan lintas sektoral, sehingga dapat berkontribusi dalam mengurangi angka masalah kesehatan pada remaja.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Brebes, D. K. (2018). Program GenRe dalam PKBR.
Cahyati, P., & Tajmiati, A. (2021). Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja Di Kota Tasikmalaya. Abdimas Galuh, 3(1), 39–43.
Dewi, I. P., Sanusi, S., & Maryati, I. (2019). Pelatihan Kader Kesehatan Remaja untuk Meningkatkan Capaian Indikator Sehat Siswa/I di Pondok Pesantren. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 86–90. https://doi.org/10.35568/abdimas.v2i1.263
Dewi, V., Handayani, G. L., & Junita, J. (2022). Pembinaan Kader Kesehatan Dalam Pembentukan Remaja Sadar Gizi di Posyandu Remaja. Jurnal Pengabdian Meambo, 1(1), 40–46. https://doi.org/10.56742/jpm.v1i1.9
Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul. (2022). Profil Kesehatan Kabupaten Bantul 2022 (Issue 11). https://www.kemkes.go.id/article/view/22101000001/Juknis-Profil-Kesehatan-2022.html
Faturochman. (1989). Pendidikan Kehidupan Berkeluarga , Perlukah ?
Irawan, T. F. (2022). Partisipasi Remaja dalam Program Penyuluhan Kesehatan di Posyandu Remaja RW 05 Kelurahan Bintaro Jakarta Selatan. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Isni, K., & Laila, F. N. (2022). Pemberdayaan Remaja Guna Meningkatkan Minat Literasi Kesehatan Mental di Era Digital. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(6), 759–766. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v7i6.2395
Isni, K., Putri, T. A., & Qomariyah, N. (2021). Pendampingan Edukasi Gender dan Seksualitas sebagai Upaya Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja. Jurnal Warta LPM, 24(4), 667–676. http://journals.ums.ac.id/index.php/warta
Isni, K., & Qomariyah, N. (2019). Pelatihan pengukuran antropometri sebagai upaya preventif masalah gizi remaja selama masa pandemi covid-19. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, 1, 60–69.
Kementrian Kesehatan RI. (2018). Menkes: Remaja Indonesia Harus Sehat. Kemenkes RI. https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20180515/4625896/menkes-remaja-indonesia-harus-sehat/
Lisma, Y., & Ruwayda, R. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Remaja ke Posyandu di Wilayah Kerja Puskesmas Muara Bulian. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 10(2), 336. https://doi.org/10.36565/jab.v10i2.352
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2014 tentang Upaya Kesehatan Anak, (2014).
Muliati, N. M., & Yusuf, H. (2020). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Minat Remaja Berkunjung ke Posyandu di Kelurahan Baiya Kecamatan Tawaeli The Factors of Adolescents ’ Interests to Visit Integrated Healthcare Center at Baiya Sub-District , Tawaeli District. Jurnal Kolaboratif Sains, 03(03), 116–125.
Muthmainnah, Jati, S. P., & Suryoputro, A. (2016). Stakeholder Pemerintah Sebagai Prime Mover Keberhasilan Jejaring Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja. Indonesian Journal of Health Promotion, 9(1), 45–55. https://media.neliti.com/media/publications/126699-ID-stakeholder-pemerintah-sebagai-prime-mov.pdf
Notoatmodjo, S. (2018). Promosi Kesehatan: Teori dan Aplikasi. Rineka Cipta.
Purnamaningrum, Y., Kusmiyanti, Y., Pervia, M., Santikaputri, Y., Timur, N., Aeni, R., Pertiwi, T., Nafi’ah, I., & Salsabila, A. (2023). Panduan Posyandu Remaja. 1–47.
Rofi’ah, S., Widatiningsih, S., Rahayu, F., Fatikasari, E. W., Krismawati, R. D., Rimanury, D. N., & Agustina, M. (2021). Inisiasi Posyandu Remaja Melalui Pembentukan Duta Covid-19. Link, 17(2), 81–88. https://doi.org/10.31983/link.v17i2.6672
Sulastri, E., Astuti, D. P., & Handyani, E. W. (2019). Pembentukan Posyandu Remaja Desa Madureso Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen. Urecol, 130–133.
Suwarjono, M. (2022). Pembentukan Posyandu Remaja Sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan dan Kualitas Kesehatan Remaja di Dusun Dingkikan, Sedayu, Bantul. Jurnal Atma Inovasia, 2(4), 419–423. https://doi.org/10.24002/jai.v2i4.5836
Wijayanti, Agnes., Anisah, Nur., Handari, M. (2022). Pengaruh Pelatihan Kader Melalui Blended Learning Terhadap Tingkat Pengetahuan Posyandu Remaja. Jurnal Promotif Dan Preventif, 4(2), 116–123.
Yuliani, A., Puspitasari, N. A., & Nurmawati, R. (2022). Pembentukan Kader Kesehatan Remaja Dan Pendampingan Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Smp Manggala Kabupaten Bandung. Al-Khidmat, 5(1), 11–17. https://doi.org/10.15575/jak.v5i1.14663
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 ichtiarini nurullita Santri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id
p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License